Inspektur Kabupaten Padang Pariaman mengikuti Diklat CGCE. -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Inspektur Kabupaten Padang Pariaman mengikuti Diklat CGCE.

Rabu, 24 Maret 2021
Inspektur Padang Pariaman Hendra Aswara menjadi peserta Diklat Sertifikasi CGCAE yang diselenggarakan Pusdiklatwas BPKP di Surabaya, Jawa Timur. (foto.dok).


Pd.Pariaman, fajarsumbar. com - Inspektur Kabupaten Padang Pariaman Hendra Aswara mengikuti Diklat Sertifikasi Certification of Government Chief Audit Executive (CGCE). Diklat CGCAE Angkatan III itu untuk menenigkatkan kapabilitas dan kompetensi Inspektur ini diselenggarakan Pusdiklatwas BPKP bertempat di Surabaya, Provinsi Jawa Timur.


"Alhamdulillah, Diklat CGCAE dari Sumbar diikuti tiga Inspektur. Yakni Padang, Padang Panjang dan Padang Pariaman" kata Inspektur Hendra Aswara ketika dihubungi fajarsumbar.com, Rabu (24/03/21).


Pembelajaran dilakukan dalam dua tahap.Yaitu pembelajaran daring (MOOC) dari tanggal 1 s.d 16 Maret 2021 dan dilanjutkan dengan tahap tatap muka dari tanggal 21 s.d 26 Maret 2021. 


Sertifikat CGCAE dapat diperoleh setelah mengikuti pembelajaran materi pelatihan dan lulus ujian kompetensi.


Diklat CGCAE ini, sebut Hendra, diharapkan Pimpinan APIP dapat meningkatkan kompetensi dalam pencegahan korupsi, peringatan dini atau early warning system, serta mengawal keuangan dan pembangunan di  Pemerintah Daerah.


"APIP merupakan Instrumen dari pemerintah yang menjadi filter utama dalam mencegah dan mendeteksi penyimpangan. Kemudian APIP dalam pendampingan kebijakan daerah" ujar Peraih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Sumbar itu


Adapun materi yang diterima dalam Diklat Sertifikasi CGCAE adalah Tata Kelola, Manajemen Risiko dan Pengendalian Intern (TKMRPI) lazim disebut juga dengan Governance, Risk and Control (GRC). Materi ini merupakan kompetensi wajib bagi auditor intern profesional. (saco).***