Kemen PPPA Nilai Padang Panjang untuk APE 2021 -->

Iklan Atas

Kemen PPPA Nilai Padang Panjang untuk APE 2021

Selasa, 30 Maret 2021
Suasana verfikasi (penilaian) Anugrah Parahita Ekapraya secara virtual oleh Kemen PPPA.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) meverifikasi lapangan penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2021 di Padang Panjang. 


Penilaian dilakukan secara virtual, Selasa (30/3) dengan melibatkan banyak stakeholder. 


Dibuka perwakilan dari Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kemen PPPA, David Aria Prima, acara secara virtual dan diikuti walikota diwakili Sekda, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Ketua DPRD Mardiansyah, A.Md, Ketua Komisi II, Dr. Novi Hendri, SE, M.Si, assisten dan staf ahli serta kepala OPD.


David menyampaikan, APE merupakan penghargaan tertinggi dari Kemen PPPA,  untuk daerah yang dinilai memiliki perhatian tinggi terhadap kesetaraan gender. 


"Penilaian saat ini, berbeda dari penilaian tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, kami turun langsung ke lapangan. Namun karena situasi pandemi, kami menilai secara virtual," jelasnya. 


David mengapresiasi Padang Panjang yang telah melengkapi data verifikasi  yang diminta dan tepat waktu.


"Hari ini, kami akan melihat lebih dalam data dan informasi pengakuan gender berdasarkan pengisian formulir evaluasi. Sehingga tim memperoleh data yg lebih lengkap, komprehensif dan objektif sebagai bahan penyusunan indeks persamaan gender yang dimulai pada tahun 2021. Berikanlah informasi yang sebanyak-banyaknya bagaimana penerapan pengarusutamaan gender (PUG) di Padang Panjang kepada dewan juri," sebutnya.


Sekda Sonny menyampaikan, APE merupakan pengakuan atas komitmen dan peran pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG. 


Penyampaian data dan informasi perkembangan PUG sebagai landasan untuk melakukan langkah strategis dalam mengakselerasi terwujudnya pembangunan yang berkeadilan dan merata bagi masyarakat.


Verifikasi ini juga merupakan sebagai dasar pertimbangan dalam menominasikan Kota Padang Panjang sebagai calon penerima penghargaan APE 2021.


Sementara itu Ketua DPRF, Mardiansyah menyampaikan, pihaknya selalu mendukung kegiatan PUG.


Setelah pemaparan oleh Ketua Pokja, Rusdianto, S.IP, MM, tim verifikasi melakukan tanya jawab terhadap semua OPD yang hadir. (syam)