Literasi Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berkualitas -->

Iklan Atas

Literasi Mewujudkan Sumber Daya Manusia Berkualitas

Rabu, 24 Maret 2021
.


Lubuk Basung, fajarsumbar. com - Guna mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, perlu dibangun budaya literasi di kalangan pendidik dan siswa.


Pesan itu disampaikan Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, saat menghadiri acara peluncuran buku “Antologi Puisi dan Esai Dr. H. Andri Warman Sang Guru”, Rabu (24/3) malam, di Balairung Rang Agam Lubuk Basung.


Pentingnya memasyarakatkan kembali budaya literasi seperti baca tulis, sains, digital dan budaya, karena dituntun oleh perubahan zaman memasuki modernisasi.


Bupati berharap, akan ada terobosan serta keberanian guru untuk mendukung menumbuhkembangkan membaca dan menulis bagi masyarakat khususnya generasi muda.


“Meskipun tantangan dewasa ini berat, namun jika semua memiliki komitmen yang tinggi maka gerakan literasi yang sudah dicanangkan akan lebih maksimal berjalan,” terang bupati.


Tidak hanya bagi para pendidik dan siswa saja, melainkan budaya literasi pinta bupati, juga diharuskan terjadi pada ekosistem pendidikan keluarga yang dimotori oleh para orangtua di rumah. Sehingga, nilai-nilai dasar literasi itu tertanam sejak dini dari diri anak-anak.


“Untuk itu di samping guru, peran orangtua juga sangat vital dalam menggerakkan budaya literasi itu,” pinta bupati.  (Yanto)