SMK SMTI Padang Kembali Gelar Seminar Guru BK SMP/MTs se-Sumbar -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

SMK SMTI Padang Kembali Gelar Seminar Guru BK SMP/MTs se-Sumbar

Selasa, 23 Maret 2021
Kepala SMK SMTI Padang, Dra. Zulhaida, M.Pd. menjelaskan profil SMK SMTI Padang


Padang, fajarsumbar.com - SMK SMTI Padang, sekolah vokasi binaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI), Kementerian Perindustrian kembali menggelar Seminar Guru BK SMP/MTs se-Sumatera Barat, Senin (22/03/2021). 


Seminar yang diselenggarakan di Pangeran Beach Hotel Padang ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol covid-19 yang dipersyaratkan. Tema yang diusung adalah “Peran Guru BK dalam Meningkatkan Perilaku Adaptif Siswa selama Masa Pandemi Covid-19”. 


Seminar yang diikuti oleh 34 guru BK ini dibuka secara resmi oleh Dra. Zulhaida, M.Pd., Kepala SMK SMTI Padang, didampingi Wakil Kepala SMK SMTI Padang dan Panitia Promosi SMK SMTI Padang. 


Saat membuka acara seminar, Zulhaida menegaskan bahwa seminar ini  diselenggarakan dalam rangka kegiatan promosi dan diseminasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK SMTI Padang TP 2021/2022. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan animo masyarakat, khususnya siswa SMP/MTs untuk mendaftarkan diri sebagai calon siswa baru di SMK SMTI Padang.


“Kami berharap kepada Bapak/Ibu untuk menyosialisasikan informasi terkait SMK SMTI Padang  kepada siswa di sekolah masing-masing. Melalui pembelajaran dan layanan klasikal, Bapak/Ibu dapat merekomendasikan SMK SMTI Padang sebagai pilihan sekolah lanjutan nantinya,” jelas Zulhaida.


Zulhaida menambahkan bahwa SMK SMTI Padang merupakan salah satu dari 6 SMTI di Indonesia. Kendati berada di lahan yang cukup terbatas dan lebih sempit dibandingkan SMTI lainnya, hal itu tidak menyurutkan semangat SMK SMTI Padang untuk terus berupaya menunjukkan eksistensi dan menuai prestasi, baik di tingkat regional maupun nasional.


Hal ini dibuktikan dengan prestasi yang diraih SMK SMTI Padang melalui penghargaan dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2018 dan satu tahun kemudian, meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2019 dari Kemenpan-RB, serta prestasi-prestasi lain yang diraih oleh siswa SMK SMTI Padang.


Selain itu, menurut Zulhaida, hampir seluruh lulusan SMK SMTI Padang TP 2019/2020 telah terserap dunia industri, perguruan tinggi, dan berwirausaha dengan persentase 97%. Di masa pandemi covid, belum dinyatakan tamat, lulusan SMK SMTI Padang telah diterima bekerja.


“Penyerapan lulusan yang tinggi tidak terlepas dari kualitas mutu lulusan dan kerja sama SMK SMTI Padang dengan dunia industri. Di masa pandemi ini, lulusan SMK SMTI Padang tetap dilirik industri besar,” tutur Zulhaida. 


Dalam seminar kali ini, SMK SMTI Padang menghadirkan 2 orang narasumber, yakni Ifdil, S.Hi., S.Pd., M.Pd., Ph.D., Kons., Dosen Jurusan Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang dan Arlin Teguh Ardani, Trainer Neuro Linguistic Programming (NLP) dan Ketua Harian PW JAPNAS Sumbar yang merupakan alumnus SMK SMTI Padang. 


Usai acara, seluruh guru BK yang menjadi peserta seminar ini berkunjung ke SMK SMTI Padang dalam rangka mengikuti Kegiatan Open Laboratorium SMK SMTI Padang. Rombongan diajak melihat-lihat lingkungan sekolah sembari diperkenalkan dengan peralatan-peralatan laboratorium. Rombongan juga menyaksikan siswa SMK SMTI yang tengah melaksanakan praktikum dengan mengaplikasikan peralatan laboratorium yang tersedia. (rel/roni dz)