Ada 5 Tanggungjawab Seorang Muslim terhadap Alquran -->

Iklan Atas

Ada 5 Tanggungjawab Seorang Muslim terhadap Alquran

Jumat, 16 April 2021

Parlaungan Siregar, S.Ag


Padang, fajarsumbar.com -  Ustaz Ustaz Parlaungan Siregar, S.Ag., M.Ag menyebutkan, ada lima tanggung jawab seorang muslim terhadap Alquran. 


Tanggung jawab pertama, seorang muslim adalah membaca Alquran dan jika ingin bercakap-cakap dengan Allah adalah dengan membaca Alquran.


"Hiasilah rumah dengan membaca Alquran, sehingga janganlah rumahmu seperti Alquran. Dengan membaca Alquran rumah kita terjatuh dari gangguan setan, ungkap Ustaz Parlaungan Siregar, S.Ag., M.Ag, ketika bertindak sebagai penceramah pada kegiatan Subuh Mubaraqah UNP yang diselenggarakan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMPA) UNP, secara virtual Jumat pagi, (16/4/2021).


"Semangat membaca Alquran harus kita bangkitkan kembali pada bulan Ramadhan dan kita teruskan untuk bulan-bulan berikutnya," 


Tanggung jawab kedua adalah menghapal Alquran. Untuk itu, marilah kita menghapal Alquran seperti di dalam salat walaupun tidak halal untuk seluruh Alquran.


"Ketiga, tanggung jawab kita terhdap Alquran adalah mempelajari isi kandungan Alquran. Banyak kesempatan dan banyak sumber yang tersedia bagi kita untuk mempelajari Alquran,"


Tanggung jawab keempat Alquran adalah mengamalkan Alquran tersebut dan tanggung jawab kelima mendakwakannya ataupun menyebarkannya kepada orang lain.


"Ingatlah bahwa tak ada yang diragukan tentang isi Alquran tersebut. Jangankan yang salah, yang ragu pun tidak akan ditemukan di dalam Alquran. Untuk itu janganlah meragukan isi Alquran tersebut," jelas Ustaz Parlaungan Siregar, S.Ag., M.Ag.


Sementara itu, Retor UNP Profofesor. Ganefri, Ph.D. mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Ustaz Parlaungan Siregar, S.Ag., M.Ag. dari Kanwil Depag Sumatera Barat atas kesediaannya menjadi penceramah dalam kegiatan Subuh Mubaraqah minggu ini. 


"Marilah bulan Ramadhan ini kita jadikan sebagai momentum untuk introspeksi diri untuk lebih dekat dengan Allah Swt. Pimpinan UNP semuanya, agar selalu mematuhi Protokoler Kesehatan (Prokes) sehingga, sehingga kita bisa terhindar dari pandemi Covid-19 dan dengan meningkatkan amal ibadah selama bulan Ramadhan," harap Rektor UNP Profesor Ganefri.


Kegiatan Subuh Mubaraqah yang digelar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMPA) UNP itu, diikuti para pimpinan dan Civitas Akademika UNP. (Rel)