Anggota DPR Hermanto Salurkan Bantuan P2L untuk KWT dan Keltan -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Anggota DPR Hermanto Salurkan Bantuan P2L untuk KWT dan Keltan

Sabtu, 03 April 2021
Anggota DPR RI, Hermanto foto bersama di depan rumah gadang Bukik Surungan.


Padang Panjang, fajarsumbar.com -Sebanyak 12 Kelompok Wanita Tani (KWT) dan satu Kelompok Tani (Keltan) di Padang Panjang terima bantuan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dari anggota DPR RI Dapil 1 Sumbar, Dr. Hermanto, SE, MM, Jumat (2/4). 


Bantuan tersebut bersumber dari APBN pada anggaran Kementerian Pertanian (Kementan).


Hermanto saat melakukan kunjungan lapangan mengatakan, kehadiran program P2L sebagai upaya pemerintah pusat untuk pemenuhan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.


“Untuk Kota Padang Panjang bantuan tersebut diberikan Rp60 juta untuk sembilan KWT dan Rp15 juta untuk tiga KWT dan satu  Keltan,” jelasnya.


Dijelaskan, sembilan KWT yang menerima bantuan Rp60 juta itu, merupakan KWT yang sudah memasuki tahap penumbuhan pada tahun 2021 dan 4 lagi masih dalam tahap pengembangan. 


“Karena itu dibedakan pemberiannya. Ada yang Rp60 juta dan ada yang Rp15 juta,” jelasnya.


Dia berharap, KWT dan Keltan yang menerima bantuan dapat memaksimalkanya dengan sebaik mungkin. 


Walikota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano yang turut hadir dalam kunjungan lapangan tersebut, sangat mendukung program pengembangan pertanian. Karena menurutnya, pertanian merupakan salah satu sektor yang berperan penting dalam peningkatan ekonomi terutama di masa pandemi.


Fadly juga berharap masyarakat (KWT dan Keltan-red) didorong mengembangkan tanaman pangan seperti sayur-sayuran, untuk memenuhi kebutuhan pangan, serta menopang perekonomian tambahan bagi masyarakat.


Kelompok yang menerima bantuan tersebut adalah KWT Bunga Kenanga dan Seruni Kelurahan Bukit Surungan, KWT Bakti Nagari dan KWT Bahagia (Silaing Bawah), KWT Nolina dan KWT Kemuning (Koto Panjang), KWT Pincuran Gadang dan KWT Anggrek (Koto Katik), KWT Tulip dan KWT Gantiang Ndak Putuih (Ganting), KWT Rose Merah (Ekor Lubuak), serta Keltan Ngalau Indah (Ngalau). (syam)