Bupati Bersilaturrahmi ke Kemenag Tanah Datar, Ini yang Dibicarakan -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Bupati Bersilaturrahmi ke Kemenag Tanah Datar, Ini yang Dibicarakan

Kamis, 08 April 2021
Bupati Tanah Datar menerima piagam penghargaan dari Kakankemenag H. Syahrul di Aula Kemenag, Kamis (8/4/21).


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE memberikan pembinaan dan silaturrahmi, kepada segenap ASN di lingkungan Kemenag Kabupaten Tanah Datar, sekaligus dalam rangka memasuki bulan suci Ramadhan 1442 H, di Aula Kemenag Kabupaten Tanah Datar, Kamis (8/4/21). 


Bupati dan rombongan disuguhi dengan tari pasambahan dari siswa siswi MTsN 6 Tanah Datar, dan disambut Kakankemenag Tanah Datar H. Syahrul beserta jajarannya. Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten II Edisusanto dan Kabag Kesra H. Afrizon. 


Pembinaan dan silaturrahmi tersebut diikuti para pejabat dan JFU, JFT, ASN Kantor Kemenag, Kepala Madrasah, Kepala KUA Kecamatan, Kaur TU Madrasah, Perwakilan Penghulu, Penyuluh Agama Kecamatan se-Kabupaten Tanah Datar. 


Tujuan dari pertemuan tersebut disamping pembinaan dari Bupati, dan baru pertama melakukan kunjungan ke Kemenag Tanah Datar sejak dilantik jadi Kepala Daerah, sekaligus untuk merajut silaturrahmi diantara pemerintah daerah dengan jajaran Kemenag Kabupaten Tanah Datar, terutama dalam membangun peningkatan  pendidikan agama dan keagamaan di Kabupaten Tanah Datar.


Bupati Eka dalam arahannya memprogramkan satu rumah satu Hafizh di Kabupaten Tanah Datar. Bupati juga berharap untuk masa mendatang agar setiap Masjid dapat dibuka 24 jam, sehingga masyarakat dapat menunaikan ibadah di masjid kapan saja.


"Saya harap agar Kakankemenag Tanah Datar dapat memberikan pembinaan, kepada pengurus Masjid yang ada di Kabupaten Tanah Datar," ujar Bupati. 


Bupati Eka menyampaikan terkait dengan pelaksanaan tugas guru TPA dan Tahfidz di Tanah Datar, Ia berjanji akan meningkatkan kesejahteraan guru TPA dan Tahfidz tersebut.


"Pemerintah daerah juga akan membantu pedagang kecil di Tanah Datar, untuk modal berdagang melalui dana bantuan sosial, agar tidak terjerat dengan kredit melalui rentenir," ujar Eka Putra. 


Sementara Kakankemenag H. Syahrul menyampaikan bahwa, Kemenag Tanah Datar membawahi beberapa lembaga diantaranya, 14 Kantor KUA Kecamatan, Madrasah tingkat RA swasta 14 buah, tingkat MIN 3 buah, MIS 4 buah, tingkat MTsN 17 buah, tingkat MAN 4 buah, dan MAS 20 buah. Sedangkan jumlah tempat ibadah, Masjid 323 buah, Suarau/Mushalla 930 buah, TPA/TPSA 702 buah dan Pondok Al-Quran sebanyak 21 buah.


"Tentang layanan Haji di Tanah Datar, bahwa jumlah jamaah Haji Kabupaten Tanah Datar yang akan berangkat ke Tanah Suci pada tahun 2021 ini sebanyak 278 orang," ucap H. Syahrul. 


Diakhir acara Kakankemenag Tanah Datar mewakili Kakanwil Kemenag Sumbar, menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Bupati Eka Putra, atas kesediaannya dalam memberikan bantuan biaya Pendidikan Profesi Guru (PPG), bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI), sebagai wujud pembinaan pendidikan Agama Islam di Tanah Datar. (fdy)