Di Hari Kartini, Pasang KB Gratis di Padang Panjang -->

Iklan Atas

Di Hari Kartini, Pasang KB Gratis di Padang Panjang

Kamis, 22 April 2021
Pelayanan KB gratis di Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA)  Kota Padang Panjang melakukan pelayanan kontrasepsi gratis, Rabu (21/04).


Pasang KB gratis tersebut, dilakukan dalam rangka peringatan Hari Kartini 2021 dan digelar serentak di seluruh puskesmas dan bidan praktek mandiri (BPM) di Padang Panjang.


Kepala DSPPKBPPPA, Drs. Osman Bin Nur, M.Si mengatakan, pelayanan kontrasepsi gratis ini juga digelar serentak di seluruh Indonesia.


“Kita mengadakan pelayanan KB secara gratis menggunakan BPJS atau Dana BOKB. Hal ini berdasarkan imbauan dari BKKBN pusat dalam memperingati Hari Kartini  21 April 2021,” katanya.


Dengan pelayanan kontrasepsi ini, Osman berharap dapat meningkatkan angka cakupan pengguna kontrasepsi. Karena menurutnya ber-KB dapat menunda kehamilan serta anak yang sudah ada bisa berjarak kelahirannya.


“Untuk sasaran pelayanan menyasar semuanya. Baik yang sudah menggunakan KB, maupun yang baru mau pakai. Terutama bagi ibu yang baru saja melakukan persalinan (KB pasca salin-red),” ucapnya.


Osman juga menjelaskan, pelayanan KB ini mengutamakan penggunaan alat kontrasepsi jangka panjang yang meliputi IUD (Intra Uterine Device), Implant (susuk KB). Namun jika tidak memungkinkan, maka pelayanan KB  berupa pil, suntik dan kondom, baik bagi peserta KB baru, ulangan ataupun ganti cara.


“Pelayanan KB ini, minimal lima akseptor di setiap fasilitas kesehatan. Untuk melaksanakan pelayanan KB pasca persalinan minimal 50 % dari persalinan. Jumlahnya sama di setiap praktek bidan mandiri dan fasilitas pelayanan kesehatan (faskes) yang ada di Kota Padang Panjang,” tambahnya. (syam)