DPMN Agam Gelar Rakor P3MD dengan Tenaga Pendamping -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

DPMN Agam Gelar Rakor P3MD dengan Tenaga Pendamping

Kamis, 08 April 2021
Wakil Bupati Agam Irwan Fikri bersama Kepala DPMN Kabupaten Agam Teddy Marta.


Lubuk Basung, fajarsumbar.com -  Sebanyak 67 peserta mengikuti rapat koordinasi (Rakor) yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Agam Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, Rabu (7/4).


Kepala DPMN Kabupaten Agam, Teddy Martha, S.STP menerangkan, 67 peserta rakor 54 orang tenaga pendamping profesional yaitu tenaga ahli, pendamping desa dan pendamping lokal desa, dan ditambah 13 orang pejabat eselon III dan IV di lingkungan DPMN Agam


Teddy Martha, S.STP menambahkan, rakor bertujuan  mengkoordinasikan pemenfaatan Dana Desa untuk pelaksanaan P3MD dengan tenaga pendamping profesional di Kabupaten Agam.


Sehingga pelaksanaan P3MD tersebut berjalan bersinergi dengan program Pemerintah Kabupaten Agam, serta sesuai dengan regulasi yang ada,” ujarnya.


Dijelaskannya, rakor itu juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, efektivitas, dan akuntabilitas pemerintahan nagari dalam pendataan nagari, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan desa yang difokuskan pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).


Kemudian, tukasnya, juga meningkatkan prakarsa, kesadaran, dan partisipasi masyarakat nagari dalam pembangunan partisipatif untuk mendukung pencapaian SDGs.


“Selain itu, juga meningkatkan daya guna aset dan potensi sumber daya ekonomi nagari melalui BUMNag bagi kesejahteraan, dan meningkatkan sinergitas program dan kegiatan nagari, kerja sama antar nagari untuk mencapai SDGs,” jelasnya.


Untuk pemateri  pihaknya mendatangkan dua narasumber, yang pertama dari DPMN Kabupaten Agam, narasumber kedua merupakan tenaga ahli P3MD Kabupaten Agam.


Ditambahkannya, rakor tersebut diselenggarakan dengan pembiayaan dari APBD Kabupaten Agam di DMPN Agam melalui kegiatan pemberdayaan lembaga kemasyarakatan.


“Acara dilaksanakan selama satu hari yang dibuka Wakil Bupati Agam,” ujarnya. (Yanto)