DPRD Dharmasraya Siap Dukung Program Walinagari Terpilih -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

DPRD Dharmasraya Siap Dukung Program Walinagari Terpilih

Rabu, 21 April 2021

.


Dharmasraya, fajarsumbar.com - Pimpinan DPRD Dharmasraya, Benny Ridwan dan Ir. H, Adi Gunawan, M.M, akan selalu suport dan dukung, program wali nagari terpilih, hasil pemilihan wali nagari (Pilwanag) serentak Kabupaten Dharmasraya berlangsung pada tanggal 31 Maret 2021 lalu, yang telah dilantik oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, di gedung auditorium pemerintah setempat Rabu (21/4/21).


Pelantikan itu, juga dihadiri oleh Ketua DPRD Pariyanto, S.H, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sekda, pejabat Dinas PMD Provinsi Sumatera Barat, asisten, staf ahli, kepala dinas, camat, dan para wali nagari. 


Menurut Adi Gunawan, dari 52 Nagari berada di Kabupaten Dharmasraya, setidaknya ada 6 Kenagarian yang melaksanakan pemilihan wali nagari secara serentak. Diantaranya, Nagari Siguntur, Nagari Gunung Medan, Nagari Batu Rijal, Nagari Abai Siat, Nagari Koto Ranah, dan Nagari Sungai Limau. 


Sesuai dengan hasil perolehan suara, dan diperkuat dengan keputusan badan musyawarah (Bamus) nagari. Maka dilakukan pelantikan oleh kepada daerah terhadap wali nagari terpilih, seperti Hamdan, sebagai Wali Nagari Siguntur, Khairul Rasyid Dt Sinaro, S.H, sebagai Wali Nagari Gunung Medan, Burhanudin sebagai Wali Nagari Batu Rijal, Edi Warman, sebagai Wali Nagari Abai Siat, Lukman Fauzi, sebagai Wali Nagari Koto Ranah, dan Efendi, sebagai Wali Nagari Sungai Limau.


"Keseluruhan wali nagari tersebut, sudah merupakan putra terbaik nagari, umumnya daerah Dharmasraya," kata Ketua DPD II Partai Golkar Dharmasraya itu. 


Mantan Bupati Dharmasraya Periode 2010-2015 itu juga berpesan kepada seluruh wali nagari yang telah dilantik, agar segera melaksanakan tugas, sebagai bapak di nagari yang dipimpin. 


"Laksanakan tugas, dengan mengedepankan kesejahteraan rakyat, tanpa ada tebang pilih. Jadilah pelopor utama dalam gerakan sosial kemasyarakatan. Selalu mengedepankan protokoler kesehatan demi memutus mata rantai penambahan Klaster baru terhadap Corona Virus Disease-19 (Covid-19)," imbuh Wakil Ketua DPRD itu. 



Ia juga mengajak Wali Nagari, untuk selalu berkomunikasi dan menjalin kerjasama yang baik dengan anggota DPRD Dharmasraya, terutama anggota dewan terhormat yang dilahirkan dari daerah pemilihan (Dapil) nagari bersangkutan. Hal ini bertujuan untuk, lebih mempercepat pembangunan nagari, terangnya. 


Sementara itu, Benny Ridwan Pimpinan DPRD Dharmasraya, dilahirkan dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu, juga menyampaikan hal yang sama. Bahkan ia lebih mengajak wali nagari untuk konsentrasi dan fokus terhadap kondisi kesehatan masyarakat, apalagi saat ini dalam situasi pandemi. 


Menurut Benny, wali nagari terpilih, agar segera membuat rencana pembangunan jangka menengah nagari (RPJMNag). Sehingga, setiap pelaksanaan pembangunan, baik melalui dana nagari, dinas terkait, maupun pembangunan melalui pokok pikiran (Pokir) anggota dewan terhormat, dapat disingkronkan dan selaras dengan kebutuhan prioritas nagari. 


"Maka dari itu, Wali Nagari harus turun langsung ke tengah masyarakat. Sehingga setiap program dan kegiatan akan dilaksanakan, tepat pada sasaran. Terpenting lagi, jangan ada pilih kasih terhadap masyarakat, baik secara pelayanan maupun pembangunan. Karena, setelah dilantik dan mengucapkan sumpah jabatan, maka wali nagari adalah bapak dari seluruh masyarakat yang dipimpin," pungkas Benny Ridwan. (Fatafza)



adsen