Dua Prodi ITP Ini Peroleh Dana Hibah Dana Bersaing -->

Mgid Bawah Bapenda

Dua Prodi ITP Ini Peroleh Dana Hibah Dana Bersaing

Selasa, 13 April 2021

 

Wakil Rektor II Yusreni Warmi bersama Kepala Biro Humas dan Kerjasama Anna Syahrani.

Padang, FajarSumbar.Com - Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Strara Satu (S1) dan Prodi Teknik Informatika S1, Institut Teknologi Padang  (ITP) lolos mendapatkan dana hibah bersaing program penguatan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Center of Excellence (COE) tahun 2021.


"Kedua Prodi yang memenangkan hibah dana bersaing itu, bisa menjadi model pada Prodi yang berbeda, baik di kampus ITP sendiri, maupun di kampus lainnya," sebut Wakil Rektor II ITP Yusreni Warni. Dr. Eng didampingi Kepala Biro Humas dan Kerjasama ITP Anna Syahrani, MM, ketika dikonfirmasi FajarSumbar.Com di ruangan Rapat Rektor ITP, Senin, (12/4/2021).


Menurut WR II ITP Yusreni Warmi, Dr. Eng, hibah dana bersaing yang diperoleh Prodi Teknik Mesin S1 dan Prodi Informatika S1, berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi Nomor.1418/E2/DM.00.01/2021.


Untuk menunjang rangkaian kegiatan COE MKBM yang dilaksanakan, mulai April hingga Desember nanti. Kedua prodi memperoleh dana hibah masing- masing sebesar Rp80 juta, selama 6 bulan atau 1 semester.


Di bulan Desember itu, juga dijadwalkan untuk memperiapkan laporan kegiatan yang telah dilaksanakan.


Untuk pelaksanaan kegiatan, tambah Anna, terlebih dahulu diisi dengan Bimbingan Teknis (Bintek), secara virtual, 8 April 2021.


Program kegiatan COE MBKM ini dari masing- masing Prodi tidak sama, namun Prodi yang dimiliki ITP bisa digunakan untuk memperbaiki kurikulum.


Di Prodi Teknik Informatika diimplentasikan untuk 3 program kegiatan dari 8 program COE MBKM yang telah ditentukan. Yakni melaksakan asistensi kegiatan proses belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Lubuk Sikaping dan kegiatan magang di industri kerjasama serta pertukaran mahasiswa antara Perguruan Tinggi (PT).


Kalaborasi riset dengan mitra Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), merupakan salah satu dari kegiatan Prodi teknik mesin, masing- masing 1 semester.


Begitu juga program pertukaran mahasiswa (student exchange) antara mahasiswa ITP, dengan UGM, Utenas, UPI Bandung, Unjani dan Undiknas Denpasar, juga selama 1 semester. (Rn Dz)