FBS UNP Selenggarakan Pelatihan Jurnalistik -->

Iklan Atas

FBS UNP Selenggarakan Pelatihan Jurnalistik

Minggu, 25 April 2021

.


Padang, fajarsumbar.com - Di era tekhnologi digital saat ini, para ahli mengungkapkan, bahwa prestasi akademik dan keilmuan ternyata tidak menentukan keberhasilan seseorang dalam menjalani kehidupan. 


Berbicara pada pelatihan Jurnalistik Nasional bagi mahasiswa Perguruan Tinggi (PT) dari dalam dan luar Sumatera Barat di kampus UNP Air Tawar Padang, Sabtu, (24/04/202), lebih jauh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) Profesor. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum mengatakan, kendati demikian, keterampilan jurnalistik dan teknologi digital yang terus bergulir saat ini, sangat penting dan perlu dikuasai oleh mahasiswa, untuk memperoleh informasi terkait pemberitaan yang cepat dan utama ditunggu masyarakat.


"Pelatihan jurnalistik ini, juga dalam rangka meningkatkan pengetahuan mahasiswa di bidang jurnalistik guna mendorong kesuksesan dalam upaya menunjang pekerjaan di masa mendatang", jelas Prof. Ermanto.


Menurutnya, dampak kemajuan teknologi digital itu, yaitu pekerjaan- pekerjaan yang dikerjakan secara manual selama ini, maka di era digital ini, akan banyak dikerjakan dan digantikan oleh mesin tekhnologi yang tidak banyak membutuhkan tenaga kerja.


Untuk itu, mahasiswa harus meningkatkan pengetahuan, dibidang teknologi digital yang terus mengalami perkembangan.


Ia mengaoresiasi Hima Jurusan Basindoda FBS UNP yang telah menyelenggarakan pelatihan Jurnalistik Nasional ini. 


Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Pelatihan, Hima Jurusan Basindoda mengucapkan terima kasih kepada Narasumber yakni Rino Zulyadi, S.S., M.Pd dan Eka Rianto, S.S., M.Pd. yang merupakan praktisi di bidang jurnalistik atau wartawan media massa cetak dan media massa elektronik Nasional.


Dalam pelatihan Jurnalistik Nasional ini, kedua narasumber yakni Rino Zulyadi, S.S., M.Hum. dan Eka Rianto, S.S., M.Hum. menjelaskan, tentang praktik-praktik penulisan berita pada masa teknologi informasi digital dan dilanjutkan dengan praktik menulis berita oleh peserta.


Pelatihan Jurnalistik Nasional yang diadakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Basindoda, bekerja sama dengan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNP, dengan tema "Teknik Menulis Berita Media Massa Cetak dan Elektronik di Era Digital".(Rel/rdz)