Gandeng Karang Taruna, Dinas Pariwisata Padang Komit Kembangkan Ekonomi Kreatif -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Gandeng Karang Taruna, Dinas Pariwisata Padang Komit Kembangkan Ekonomi Kreatif

Selasa, 27 April 2021
Kepala Bidang Ekonomi Kreatif di Dinas Pariwisata Kota Padang, Andi Amir  turun ke lapangan meninjau usaha ekonomii Kreatif.


Padang, fajarsumbar.com - Meskipun masih hitungan hari dilantik sebagai Kepala Bidang Ekonomi Kreatif di Dinas Pariwisata Kota Padang, Andi Amir  langsung turun ke lapangan meninjau usaha ekonomii Kreatif. Dan ini adalah bagian dari tugas kami kata mantan lurah rawang itu di dampaing beberapa Pejabat eselon IV Jet Peri, SyafridaYanti, Marthanova saat mengunjungi usaha pembuatan peci nasional di Kelurahan Beringin, Lubuk Kilangan, senin (26/04/2021).


Dinas Pariwisata Kota Padang berkomitmen mengembangkan ekonomi kreatif menggandeng pelaku usaha dan Karang Taruna. Karang Taruna diharapkan menjadi agen dalam pengembangan usaha kreatif khususnya yang dilakoni generasi muda.

“Kami akan terus mendukung pengembangan ekonomi kreatif, khususnya yang dilakoni generasi muda. Dalam hal ini menggandeng Karang Taruna sebagai agen pengembangan usaha ekraf tersebut, ” kata Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Padang Andi Amir.


Menurut Andi Amir, pengembangan usaha ekonomi kreatif melalui kelompok Karang Taruna yang tersebar di setiap kelurahan menjadi lebih efektif. Pasalnya, selain produk dan pasar dari ekonomi kreatif kebanyakan menyasar milenial juga terdorong dengan semangat kewirausahaan yang memang ditumbuhkan di kalangan pemuda melalui program Pemerintah Kota Padang.


“Usaha ekonomi kreatif menciptakan peluang usaha dan kesempatan kerja sehingga menjadi salah satu upaya yang efektif dalam menekan angka kemiskinan dan pengangguran, ” lanjut Andi Amir.


Dia menyebut, pihaknya akan terus melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha ekonomi kreatif yang ada. Salah satunya dengan mengikutsertakan dalam pameran.


“Selain itu juga memberikan ruang lebih luas lagi dalam mendukung geliat kepariwisataan melalui forum-forum pentahelix,” ulas Andi Amir.


Sejalan dengan itu, Andi Amir menambahkan, ekonomi kreatif juga menunjang pariwisata. Dari produk yang dihasilkan akan menjadi suatu daya tarik destinasi wisata.


“Produk ekonomi kreatif nantinya bisa menjadi suvenir bagi wisatawan. Dengan sendirinya, lapangan pasar akan semakin terbuka, ” jelasnya.


Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kota Padang Yaldi Chaniago pada kesempatan itu menyambut baik gagasan dukungan Dinas Pariwisata Kota Padang. Selaku kelompok pemuda yang menjadi pilar sosial masyarakat tentunya merasa lebih terpacu untuk pengembangan usaha kreatif.


“Karang Taruna tentunya akan merasa lebih terpacu dengan adanya dukungan pemerintah. Kami akan berusaha mendorong terus para pemuda dalam usaha ekonomi kreatif, ” kata Yaldi.


Dalam kunjungan ke lokasi usaha pembuatan peci nasional tersebut, Kepala Bidang Ekraf Dinas Pariwisata didampingi jajarannya terdiri dari para Kepala Seksi. Adapun pelaku usaha ekonomi kreatif pembuatan peci nasional yang dikunjungi adalah Toha. Anak muda tersebut mengembangkan usaha peci nasional dengan merek Cahaya Insan.(rel)



adsen