Gubernur Ajak Generasi Muda Jangan Berhenti Tuntut Ilmu -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Gubernur Ajak Generasi Muda Jangan Berhenti Tuntut Ilmu

Sabtu, 17 April 2021
.

SAWAHLUNTO - Dalam rangka meningkatkan Ukhuwah Islamiyah di bulan Ramadan, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, bersama Tim Safari Ramadan (TSR) PT Semen Padang, mengunjungi Masjid Raya Silungkang, Kota Sawahlunto, Jum'at (16/4/2021).


Gubernur Sumbar yang juga dikenal dengan Buya Mahyeldi ini mengatakan, kemajuan peradaban manusia hanya dapat diraih dengan dua hal ini, yaitu iman dan ilmu. Keduanya mengantarkan manusia pada keberhasilan di dunia dan kebahagiaan di akhirat.


Buya Mahyeldi mengemukakan ayat Alqur'an Q.S. al Mujadalah ayat 11. yang artinya "Allah mengangkat Derajat orang orang yang beriman dan berilmu pengetahuan kederajat yang lebih Tinggi" 


"Barangsiapa yang menginginkan keberhasilan di dunia, hendaklah dengan ilmu dan barang siapa yang menginginkan kebahagiaan di ahirat hendaklah dengan iman."


Bicara tentang orang yang ditinggikan derajatnya terkait ilmu pengetahuan itu mencakup orang yang mengajarkan ilmu, orang yang selalu belajar ilmu, orang yang mendengarkan ilmu, dan orang yang mencintai ilmu. Jangan  jadi orang kelima, yakni mereka yang  tidak ada perhatiannya kepada ilmu, karena kesibukannya terkait urusan dunia.


Sebagai seorang Muslim tentunya menginginkan anaknya menjadi anak yang sholeh dan sholehah, dengan berilmu dengan menpedomani Al-quran seperti hafiz dan hafizah, cerdas dalam ilmu dan pengetahuan. 


"InsyaAllah Kelak anak-anak kita menjadi pemimpin dan di hari akhir menjadi pembela dan penolong orang tua di hadapan Allah SWT," ucapnya.


Maka para ulama telah memberikan contoh teladan dan arahanya. Yakni pelajarilah Alquran, lalu pelajarilah adab sebelum memulai mempelajari ilmu. Jadi Ilmu dan Iman harus saling berdampingi.


Menurutnya, hal pertama yang harus diperhatikan oleh seorang penuntut ilmu adalah menghafal Alquran, karena dia adalah ilmu yang terpenting.


Buya Mahyeldi mengemukakan, yang menguatkan iman dan adab  adalah membaca Alquran. “Tidak hanya sekadar membaca Alquran, tapi juga saling menyimak dan  saling menasehati,” ujarnya


Selanjutnya Buya Mahyeldi berpesan kepada generasi muda untuk bersemangat menuntut ilmu, menyiapkan kesempatan untuk menghadiri majelis ilmu, menyiapkan segala sumberdaya untuk meningkatkan keilmuan dan senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.


Dalam kunjungan yang juga diikuti Komisaris PT. Semen Padang, Kepala Dinas Sosial Sumbar, Kepala Biro Humas, Kepala Biro Umum dan Biro Kesra dan Bintal Sumbar. Sedangkan dari Kota Sawahlunto dihadiri oleh Walikota Sawahlunto, Wakil Walikota Sawahlunto, Sekda dan para pejabat di Pemda Sawahlunto lainnya.


Pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar menyerahkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp20 juta dari pemprov Sumbar, bantuan dari Bank Nagari sebesar Rp10 juta dan PT. Semen Padang sebesar Rp7,5 juta kepada pengurus masjid.


Gubernur Mahyeldi berharap agar bantuan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk perkembangan masjid ke depan. Ia juga menitipkan pesan kepada masyarakat Sawahlunto untuk ikut bersama-sama menjaga keberadaan atau eksistensi PT Semen Padang. (BIRO HUMAS SETDA SUMBAR)



adsen