Karang Taruna, PSM, TKSK Sawahlunto Masuk 5 Besar Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Sumbar -->

IKLAN MGID ATAS

Karang Taruna, PSM, TKSK Sawahlunto Masuk 5 Besar Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Sumbar

Senin, 12 April 2021
Foto bersama dengan tim penilai.


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat resmi mengeluarkan hasil seleksi pilar-pilar sosial berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021 yang diselenggarakan 7 hingga 8 April 2021 kemarin di Rocky Plaza Hotel Jalan Permindo nomor 40.


Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat Jumaidi menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi atas partisipasi kabupaten kota dalam penilaian pilar-pilar sosial tahun 2021.


Dalam surat bernomor 467/576/PSPKKMKAT/DAYASOS/2021, Kadis menyampaikan bahwa tim penilai telah menetapkan hasil penilaian 5 besar terhadap pilar-pilar berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat.


Jumaidi menyebutkan bahwa Dinas Sosial kabupaten kota agar menginformasikan hasil penilaian tersebut kepada pilar-pilar sosial, Senin 12 April 2021.


"Tim penilai akan melaksanakan penilaian lanjutan melalui kunjungan lapangan dengan tujuan agar mendapatkan informasi yang lengkap untuk menetapkan terbaik 1,2,3 tingkat Provinsi Sumbar. Jadwal kunjungan lapangan akan diinformasikan lebih lanjut," ujar Jumaidi dalam surat tersebut.


Utusan Kota Sawahlunto masuk 5 besar dalam Penilaian Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yaitu Karang Taruna Tanjung Aur, Kelurahan Aur Mulyo, Kecamatan Lembah Segar. Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) atas nama Herawati dan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) atas nama Ratna Sari Dewi.


Ketua Karang Taruna Kota Sawahlunto Andri Maha Putra yang juga mantan Ketua KNPI dan Presiden Mahasiswa BEM Politeknik Negeri Kementerian Perindustrian ATI Padang, mengatakan 5 besar akan di fact finding (kunjungan fakta lapangan) oleh tim penilai dan Sawahlunto berpeluang jadi utusan Sumbar untuk tingkat nasional.


"Dan itu butuh dukungan para pemangku kebijakan di kota ini terkhusus pada 2 pembina umum, walikota dan ketua DPRD. Kesempatan baik harus dioptimalkan, jika bisa dioptimalkan dilangkah 5 besar ini maka Sawahlunto akan berprestasi khususnya dibidang ke-karang taruna-an," imbuh Andri saat di konfirmasi.


Riko Liberta Ketua Karang Taruna Tanjung Aur Kelurahan Aur Mulyo, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto saat penilaian memberikan presentasi kepada tim penilai tentang program kerja Karang Taruna Tanjung Aur.


Riko menjelaskan kegiatan Karang Taruna Tanjung Aur pada 2019 lalu telah mengadakan kompetisi Mural tingkat nasional dalam rangka memperkenalkan Kota Sawahlunto sebagai warisan dunia UNESCO dengan pesona alamnya yang diikuti oleh pelukis-pelukis lokal maupun nasional.


Selain itu Riko juga memaparkan progres kerja dalam menjaga Mural tersebut dari kotoran dengan bergotong royong di setiap hari Minggu bersama warga dan anggota karang tarunanya sehingga banyak warga luar Sawahlunto yang datang hanya untuk berswafoto dengan latar lukisan Mural tersebut.


Lebih lanjut dijelaskan Riko, sejak Pandemi Covid-19 melanda Ibu Pertiwi, ia mencarikan solusi terhadap warga yang menganggur dengan membudidayakan jahe merah di lahan seluas satu hektar dan peternakan kambing disekitar kebun jahe merah tersebut.


Selama seleksi pilar-pilar sosial tersebut Riko Liberta dikawal ketat Lurah Aur Mulyo Mulda Yuri, Kasi Dayasos Dinsos Sawahlunto Siti Rohmatin, Ketua Karang Taruna Sawahlunto Andri Maha Putra, Wakil Ketua Karang Taruna Fajar Bratama, Sekretaris Karang Taruna Boroy, Wakil Sekretaris Karang Taruna Syafhadi Hidayat. 


Dengan pencapaian tersebut, semoga Sawahlunto kedepannya melaju lebih baik lagi dalam menggapai prestasi sehingga sebagai Kota warisan dunia UNESCO, Sawahlunto selalu dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. (ton)