Kembali Dikucurkan Miliaran Rupiah untuk Beasiswa Padang Panjang Juara -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Kembali Dikucurkan Miliaran Rupiah untuk Beasiswa Padang Panjang Juara

Selasa, 20 April 2021

 

Ade Afdil, S.Pd.I Datuak Bindurun

Padang Panjang, fajarsumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengucurkan  Rp 3 miliar untuk beasiswa guru dan siswa yang  melanjutkan kuliah di sejumlah perguruan tinggi.  


Kepala Bagian Kesra Setdako, Ade Afdil, S.Pd.I Datuak Bindurun  mengatakan itu, Selasa (20/4) di Padang Panjang.


Beasiswa itu merupakan program Padang Panjang Juara bagi guru yang menempuh S2 di Universitas Negeri Padang (UNP) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.


Kemudian bagi calon mahasiswa di Politeknik Negeri Padang, Universitas Sampoerna, Akper Nabila, Fakultas Kependidikan Universitas Muhammadiyah Sumbar, STIT Diniyyah Puteri, dan STIES Mana Wa Salwa.


“Prosesnya, mahasiswa mengikuti pendaftaran di masing-masing kampus yang telah bekerja sama dengan Pemko Padang Panjang. Dari situ pemko akan dikirimi hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru. Berdasarkan tingkatan nilai tersebut pemko memberikan beasiswa, ” kata Ade.


Khusus untuk penerimaan mahasiswa baru 2021-2022 Universitas Sampoerna, pihak universitas akan melakukan sosialisasi secara langsung. ”Insyaa Allah 21-23 April mendatang, pihak kampus akan datang secara langsung ke Padang Panjang  melaksanakan sosialisasi dengan calon mahasiswa,” terangnya.


Sesuai program, pemko terus mengembangkan kerja sama dengan perguruan tinggi favorit  lain, baik di skala nasional maupun regional.


Menurut Ade,  beasiswa bertujuan menyiapkan generasi muda yang cerdas dan pintar  yang akan membangun Padang Panjang ke depan. 


“Diharapkan anak-anak yang dibeasiswakan itu, 10 atau 15 tahun mendatang, menjadi pemimpin di masa yang akan datang dan menjadi orang yang akan berguna bagi  bangsa dan negara,” tuturnya. 


Di luar itu ada lagi beasiswa bagi masyarakat yang dikategorikan masuk dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). 


“Untuk mahasiswa yang masuk dalam DTKS, kita berikan  bantuan beasiswa sampai tamat kuliah. Calon penerima beasiswanya kita survei, kita lihat kelayakannya. Ini akan kita rekomendasikan bansos beasiswa,” jelasnya. (syam)






adsen