Malam Kelima Ramadhan, Jemaah Masih Ramaikan Qiyamul Lail -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Malam Kelima Ramadhan, Jemaah Masih Ramaikan Qiyamul Lail

Jumat, 16 April 2021
.

Payakumbuh, fajarsumbar.com - Alhamdulillah, meski cuaca di Kota Payakumbuh masih dirundung hujan namun semangat tauhid jemaah tak kalah oleh cuaca hujan, guna melaksanakan qiyamul lail. Karena, Ramadhan tahun lalu, pelaksanaan qiyamul lail dilaksanakan penuh keterbatasan. 


Terlihat pada malam keempat Ramadhan 1442H di mushalla Nurul Yakin RW II Balai Betung, kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kecamatan Payakumbuh Utara, setidaknya ada 3 shaf penuh jemaah laki-laki ditambah satu shaf untuk anak-anak. Sementara, 3 shaf jemaah perempuan tampak penuh, juga. 


Pada malam keempat Ramadhan, Kamis (15/04//2021) bertindak selaku pentausiyah Ustadz Rahmad Hidayat dengan tema tausiyah Amalan Utama di bulan Ramadhan. Sebelumnya, ustadz Rahmat juga bertindak selaku imam.


Dalam tausiyahnya, setidaknya ada 4 amalan utama yang dicintai Allah di bulan Ramadhan selain amalan wajib. Yakninya,  gemar membaca al quran, rajin berinfaq, cinta shalat berjemaah di mesjid, dan beriktikaf. 


Malam keempat Ramadhan, Jumat (16/04/2021) di mushalla Nurul Yakin juga ada salah seorang santri Ponpes Assaaddiyah Simalanggang bernama Zaky ikut memberikan tausiyah. Hal tersebut merupakan praktek lapangan bagi santri selama Ramadhan di tempat tinggalnya. 


Sementara di malam kelima Ramadhan, Ustadz Zulhendri hadir juga menyampaikannya tausiyahnya yang bertema Tauhid sebagai dasar kehidupan. Adapun dasar dari tausiyah, Zulhendri ambilkan surat Al Ikhlas dilengkapi potongan doa iftitah. 


Dalam tausiuahnya Zulhendri menekankan betapa penting penanaman tauhid sejak dini. Anak lahir dibacakan syahadat dan demikian juga saat meninggal dunia. Sejak kecil anak diajari shalat sebagai wadah menyembah Sang Khaliq. Tiada sekutu bagiNya. 


Jelang shalat tarwih, Ketua pengurus mushalla Nurul Yakin, Yarisman selalu mengajak jemaah agar selalu aktif meramaikan mushalla, menjadikan Ramadhan tahun ini sebagai Ramadhan terbaik. Dirinya juga mengimbau jemaah agar selalu mematuhi protokol kesehatan. 


Sebelumnya, pada malam ketiga Ramadhan, bertindak pentausiyah ustadz Hari, guru hafidz Raudhatul Jannah.


Terpisah, Lurah Ompang Tanah Sirah, Majri mengucapkan selamat menjalankan ibadah Ramadhan. Dirinya berharap agar Protokol Kesehatan tetap diterapkan ketat, guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Selain itu, Lurah Majri juga menghimbau warga agar waspada dalam segala hal. Termasuk waspada akan kebakaran dan kemalingan. (ul) 



adsen