Nagari Pakan Rabaa Utara Manfaatkan Dana Desa Rp206 Juta untuk Bangun Kandang Ternak -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Nagari Pakan Rabaa Utara Manfaatkan Dana Desa Rp206 Juta untuk Bangun Kandang Ternak

Kamis, 08 April 2021

Program peternakan sapi Nagari Pakan Rabaa Utara, sejumlah sapi yang sudah siap diperanakan.


Solsel, fajarsumbar.com - Program pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan anggaran Dana Desa DD di Nagari Pakan Rabaa Utara, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Solok Selatan, (Sumbar) berjalan sesuai prosedur, dan program ini diserahkan pada Badan Usaha Milik Nagari BumNag setempat.


Program Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020  Nagari Pakan Rabaa Utara di Jorong Batuang Bajawek pemberdayaan masyarakat itu berupa pembangunan kandang sapi dan peternakan, serta kandang itik petelur lahan kering, dengan pagu anggaran Rp206 juta.


Hal ini disampaikan oleh Sekrestaris BumNag Nagari Pakan Rabaa Utara Imron dilokasi kandang sapi, Kamis (8/4)


Imron menambahkan, program ini sudah direncanakan sejak awal tahun 2020 lalu dan sekarang sudah memiliki memiliki 19 ekor sapi jenis sapi Bali dan telah berunur lebih kurang empat bulan.


Dengan adanya program pemberdayaan masyarakat ini, yang baru berjalan setahun lebih ini bisa juga mengurangi angka pengangguran, kami juga mempekerjakan warga setrmpat, untuk dikandang sapi sebanyak dua orang.


Imron yang didampingi ketua unit peternakan Baktiar mengatakan,  pengelola sistim pengelolaan pengembangan anak sapi dengan memakai Induk Betina, dan dilakukan penyuntikan induknya, jika berhasil nanti akan diberikan kepada warga dan wargapun bisa untuk mengembangkanya dengan sistim bagi hasil.


Jika ada induknya yang tidak berproduksi lagi, maka induknyanitu akan dijual dijadikan sapi untuk korban


Program lain adalah peternakan itik lahan kering sejak september 2020 

sudah menghasilkan telur, setidak dalam satu hari itu lima kotak, dengan jumlah Itik 300 ekor jenis mocong sari.


Pemasaran telurnya ada yang ke pasar ada yang ke masyarakat umum, untuk masyarakat umum ada pengurangannm harga tidak sama dengan pasaran dengan tujuan membantu masyarkat. (Abg)