Pemerintah Bakal Cairkan THR PNS H-10 -->

Iklan Atas

Pemerintah Bakal Cairkan THR PNS H-10

Minggu, 18 April 2021

  

.

Jakarta - Tunjungan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) bakal cair H-10 jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Hal itu disampaikan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso dalam program Power Lunch yang dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (15/4/2021).


"Untuk yang ASN pun pak menko (Menko Perekonomian Airlangga Hartarto) kemarin sudah menyampaikan ke bu menteri keuangan (Sri Mulyani Indrawati) untuk bisa dibayarkan H-10 (THR)," ujarnya.


Dengan memberikan THR lebih cepat dibandingkan pekerja swasta yang tujuh hari sebelum Lebaran, pemerintah berharap terjadi daya beli yang lebih baik. Di mana, saat ini daya beli masih lemah akibat pandemi Covid-19.


"Sehingga kira-kira 10 hari terakhir sebelum Ramadan, baik ASN maupun karyawan swasta, mempunyai daya beli dan diharapkan berbelanja," kata Susiwijono.


Tak hanya dengan memberikan THR saja, pemerintah juga menyusun berbagai program di bulan Ramadan ini untuk mengerek daya beli ke atas. Salah satunya program hari belanja nasional (harbolnas) yang akan diselenggarakan sepekan menjelang Lebaran.


Dengan adanya kegiatan itu diharapkan masyarakat akan menggunakan THR untuk berbelanja sehingga terjadi konsumsi. Konsumsi ini tentunya akan membantu pertumbuhan ekonomi di kuartal II. (*)