Pemko Payakumbuh Kenalkan Cara Membuat Rendang Kepada Generasi Penerus -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Pemko Payakumbuh Kenalkan Cara Membuat Rendang Kepada Generasi Penerus

Jumat, 16 April 2021
.

Payakumbuh, fajarsumbar.com — School of Randang yang digagas Pemerintah Kota Payakumbuh mulai menarik minat anak-anak sekolah di kota Randang itu. Mereka dapat belajar proses membuat masakan khas Minangkabau di dapur utama Sentra IKM Kota Payakumbuh yang terletak di Kawasan Padang Kaduduak.


Mulai dari siswa/siswi tingkat SD sampai SMA se-kota Payakumbuh, kegiatan itu dibuka pertamakali oleh Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, Senin (12/4/2021).


Menurut Erwin Yunaz, sejak usia dini ini, masyarakat harus mengenal dan mempelajari seluk beluknya ranah Minang, adat, budaya dan kearifan lokal seperti merandang ini harus dapat terjaga dan selalu lestari sampai kapanpun.


"School of Randang merupakan sebuah sarana dan wadah untuk siswa/siswi agar dapat mempelajari tentang marandang, dengan bekal ilmu pengetahuan yang telah anak-anak ini dapatkan dari kegiatan ini, kita berharap mereka tau prakteknya dengan baik dan benar, sehingga anak-anak inilah yang nantinya akan melanjutkan dan menjaga kearifan lokal kita, ada estafet ilmu," jelas Erwin.


Tidak hanya itu, melalui kegiatan School of Randang ini, menurut Erwin Yunaz sekaligus sebagai ajang untuk memperkenalkan sentra industri Randang Kota Payakumbuh kepada seluruh siswa/siswi Kota Payakumbuh.


"Selain untuk belajar ilmu tentang bagaimana cara mengolah Randang, kegiatan ini juga sekalian untuk memperkenalkan keberadaan sentra industri Randang kota Payakumbuh, yang mana ini merupakan satu-satunya sentra industri Randang yang ada di Sumatra Barat," ujar Erwin.


Sentra industri randang Kota Payakumbuh ini sudah memiliki semua sertifikasi halal, sehingga baik mulai dari awal pengolahan sampai pengemasan sentra industri Randang ini sudah dijamin kualitasnya. 


"Tentunya dengan sertifikasi ini, hasil produksi dari sentra randang Kota Payakumbuh tidak hanya dipasarkan di tingkat lokal saja, akan tetapi sampai ke pasar mancanegara juga," imbuh Erwin.


Erwin Yunaz menghimbau serta mengajak anak-anak muda di Payakumbuh untuk dapat menyebarluaskan kearifan lokal masakan tradisional Randang kepada semua orang.


"Melalui generasi penerus kita sekarang inilah tempat kita menyerahkan bekal ilmu pengetahuan marandang, agar kearifan lokal marandang ini dapat disebarluaskan, ingat Payakumbuh, ingat Randang, Payakumbuh The City of Randang," pungkas Erwin. (ul) 



adsen