Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan BI -->

Iklan Atas

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan BI

Minggu, 11 April 2021
.
Padang, fajarsumbar.com – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI)  Sumatera Barat, Jumat (9/4).



Plh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis mengatakan sebelumnya sudah ada 4 kota dan kabupaten yang sudah melakukan penandatanganan TP2DD bersama Bank Indonesia Sumatera Barat dan Kota Payakumbuh adalah yang ke 5 melakukan penandatanganan.


“TP2D adalah sebuah forum yang akan mempercepat elektronisasi pemerintah menuju digitalisasi daerah dan diharapkan dapat meningkatkan transparansi, akuntabilitas serta meningkatan pendapatan daerah sehingga dapat

membuat daya guna dan manfaat baru terhadap masyarakat di daerah masing-masing tentunya,” terang Benni. 


Senada, Walikota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten II Elzadaswarman menyampaikan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah atau TP2DD ini merupakan komitmen dari Pemerintah Daerah dalam mendukung percepatan elektronifikasi dilingkungan Pemerintah Daerah terutama di Kota Payakumbuh. Hal ini juga disuport dengan Kerja sama Pemko Payakumbuh dengan Bank Nagari. 


“Pemko Payakumbuh saat ini telah menggunakan transaksi digitalisasi, dimana dari sisi penerimaan daerah sejak tahun 2019 seluruh pajak daerah sudah melakukan sistem pembayaran secara elektronik melalui seluruh Channel pembayaran bank nagari," Ujarnya


Dilanjutkannya, dari sisi pengeluaran belanja daerah pada tahun yang sama Pemko Payakumbuh sudah menggunakan SP2D online yang terkoneksi host to host dengan Bank Nagari.


Dengan telah ditandatanganinya SK TP2DD diharapkan dapat memperkuat Efektifitas dan efisiensi pengelolaan keuangan daerah yang pada akhirnya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan.


“Mari kita bersama-sama semangat membangun daerah melalui keterbukaan dengan aplikasi-aplikasi yang bisa di akses oleh seluruh masyarakat menggunakan transaksi-transaksi melalui elektronik, Hal ini tentunya dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik baik kecepatan transaksi keuangan maupun transparansi. Serta dapat mempercepat integrasi ekonomi dan keuangan digital," Harapnya. 


Ditempat yang sama, Kepala Bank Nagari Cabang Payakumbuh Havid Dauli mengatakan Demi mewujudkan program TP2DD, kedepan Bank Nagari siap untuk mendukung Pemko Payakumbuh untuk kesuksesan program Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) ini dengan mengunakan Quick Response Indonesian Standar (QRIS).


"Sudah pasti kita pihak Bank Nagari akan mendukung kesuksesan dan kelancaran program P2DD dengan mempergunakan sistem QRIS Artinya kedepan transaksi pembayaran bakal dilakukan melalui layanan scan Quick Response Indonesian Standar QRIS, serta menargetkan transaksi berbasis elektronik untuk Pembayaran APBD pada Seluruh OPD di Kota Payakumbuh berjalan sesuai harapan," pungkasnya.(ul)