Pesantren Ramadhan Telah Terlaksana, Laporkan Tertulis Sesuai Juknis -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Pesantren Ramadhan Telah Terlaksana, Laporkan Tertulis Sesuai Juknis

Kamis, 22 April 2021
.

Parit Malintang, fajarsumbar.com - Pelaksanaan Pesantren Ramadhan 1442 H bagi Siswa telah terlaksana dengan baik, lancar dan aman di Sekolah masing-masing, begitu hasil pantauan dari lapangan. Namun demikian, kegiatannya harus ada laporan oleh para Kepala Sekolah secara tertulis sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis)  


Penegasan itu dikemukakan Kabag Kesra Pemdakab Padang Pariaman Drs.Azwarman ketika menjawab pertanyaan fajarsumbar.com, Kamis (22/04/21), sehubungan telah selesai pelaksanaan Pesantren Ramadhan 1442 H bagi Siswa-siswi di Daerah ini.


Dikatakannya,  monitoring untuk tingkat SMP, ada yang melaksanakan Pesantren Ramadhan sesuai dengan jadwal dan Juknis yang sudah ditetapkan. Namun ada dikalangan SMP yang mempersingkat waktu pelaksabaan dengan mempertimbangkan untuk menghindari Claster penularan Covid 19. 


Sementara itu, jelas mantan Camat itu, monitoring ke tingkat SD, Alhamdulillah berjalan sesuai dengan jadwal dan Juknis yang ada. Apalagi pelaksanaan Pesantren Ramadhan di SD 07 Sungai Sariak sebagai contohnya.


"Saya sangat kecewa, jika ada sebagian Sekolah yang menjalankan Pesantren Ramadhan tidak mengacu materi yang disusun beserta Jadwal tertuang dalam Juknis yang sudah ditetapkan. Padahal penetapan materi serta jadwal kegiatan sudah disepakati melalui Rapat Koordinasi (Rakor) yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan" tutur dia mempertanyakan. 


Kata dia, berbicara tentang Manajerial di suatu lembaga, atau katakanlah Sekolah,kita tidak bisa lepas dari istilah ekonomi yang disebut dengan POAC (planning,  organizing, actuating, controlling). 


"Seorang Kepala Sekolah (Menejer)  harus bisa menjadi perencana yang handal, pelaksana yang baik, dan tentu saja melibatkan atasan serta bawahan dalam pengambilan keputusan" tegas Kabag Kesra itu. 


Dan tak kalah pentingnya, ujar dia adalah melakukan pengawasan terhadap pekerjaan yang dilakukan. Jika pengawasan tidak terlaksana, jangan heran, bawahan melakukan pekerjaan apa adanya tanpa SOP yang jelas. 


"Namun demikian, jika dilakukan pengawasan secara berkala, Insya' allah pekerjaan yang kita lakukan akan berhasil dengan baik dibuktikan secara tertulis" kata Azwarman mengakhiri. (saco)



adsen