Pesantren Ramadhan Unggul di SMA dan SMK Dimulai -->

Iklan Atas

Pesantren Ramadhan Unggul di SMA dan SMK Dimulai

Sabtu, 17 April 2021
Sebahagian peserta Pesantren Ramadan bahagian putri  dari SMA dan SMK se- Padang Panjang.

Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Pesantren Ramadan unggul 1442 Hijiriah dimulai. Lembaga Pembinaan Pendidikan Masyarakat Sumatra Barat (LPPM-SB) Kota Padang Panjang menggelar Pesantren Ramadhan Unggul/Model, 15 April hingga 6 Mei mendatang.


Ketua LPPM-SB, Roby Chandra menyebutkan, kegiatan ini diikuti sekitar 100 peserta   perwakilan SMA/SMK negeri  dan swasta yang ada di Padang Panjang. 

 

“Lokasi pelaksanaan Pesantren Ramadan ini di masjid/mushalla sekolah masing-masing ,sesuai jadwal yang ditetapkan,” katanya, Jumat (16/4).


Roby mengatakan, tahun 2021 ini, akhir pembelajaran semester genap tahun pelajaran 2020/2021 bertepatan di bulan Ramadan 1442 H. Oleh karena itu, pembelajaran ini dapat dilaksanakan dengan mengoptimalkan pembelajaran agama yang ada di SMA dan SMK. 


 "Output yang diharapkan yaitu peningkatan kualitas iman dan amal peserta, menumbuhkan budaya cinta masjid, dan pengaplikasian karakter yang Islami, nasionalis, dan sesuai adat Minangkabau, " jelas Roby yang juga pengasuh asrama SMAN 1 Padang Panjang l. 


Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendidik remaja muslim yang berkarakter. 


"Tanpa penguatan pendidikan agama, pribadi yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia, mustahil dapat terwujud," imbuh Roby. 


Adapun bentuk pelaksanaannya kegiatan  di antaranya tadarus, pengajian keislaman, shalat berjamaah, dzikir dan doa, praktik shalat fardhu dan shalat jenazah, diskusi tentang pemantapan pemahaman keagamaan, pengenalan tokoh Sumatra Barat pra kemerdekaan, Kemerdekaan dan pasca kemerdekaan, serta penerapan nilai-nilai karakter.


“Kegiatan ini mengacu pada Peraturan Gubernur Provinsi Sumatera Barat Nomor 48 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembelajaran di Sekolah dan Madrasah pada bulan Ramadhan. Di mana pada Pasal 4 disebutkan, pembelajaran di bulan Ramadan tetap dilaksanakan, baik di sekolah maupun di luar sekolah,” ucapnya. (syam)