Program Tahfidz Akan Jadi Kado Terindah 100 Tahun Indonesia Merdeka di Tanah Datar -->

Iklan Atas

Program Tahfidz Akan Jadi Kado Terindah 100 Tahun Indonesia Merdeka di Tanah Datar

Jumat, 30 April 2021
Bupati Eka Putra menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid dalam TSR dan Subuh Berjama'ah di Masjid Raya Salimpaung, Jumat (30/4).


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Zaman terus berubah, generasi pun berganti serta tantangan kehidupan semakin berat, seluruh unsur perlu bersama-sama menyiapkan generasi penerus yang tangguh. Dari sekarang kita harus menyiapkan generasi muda menjadi generasi yang kuat dan kokoh bukan generasi yang lemah, lembek ataupun tidak berkarakter. 


Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE dalam kunjungan Tim Safari Ramadhan (TSR) Khusus dan Subuh Berjama'ah, di Masjid Raya Salimpaung, Jum'at (30/4/21). 


Menurut Bupati, menyongsong 100 tahun Indonesia Merdeka dengan bonus demografi, generasi saat ini harus menghadiahkan kado terbaik untuk kehidupan masa depan.


"Harus kita siapkan generasi yang kuat dan sehat baik fisik dan mentalnya, apalagi di era teknologi ini, orang tua tidak akan mampu senantiasa mengontrol anaknya, memanfaatkan hp android yang dimainkan anak-anaknya," ucap Bupati.


Lebih lanjut Bupati katakan, menjadikan anak Hafiz Qur'an sebagai solusi bagi anak, menjadikan anak yang meningkat kecerdasannya dan terpelihara budi pekertinya.


"Kami bersama pak Wabup, siap melanjutkan program Tahfidz di Tanah Datar, bahkan lebih ditingkatkan lagi, minimal satu rumah ada satu Hafiz atau Hafizahnya," sambungnya.


Bupati juga berkisah saat dulu dirinya berkunjung ke Inggris sempat berdialog dengan pengurus salah satu Masjid setempat, disebutkan jumlah jamaah Masjid itu 200 orang dan seluruh Hafiz Qur'an.


"Inggris bukan negara dengan penduduk mayoritas Islam tetapi jamaah Masjid nya Hafiz Qur'an, kita Tanah Datar Luhak Nan Tuo dengan filosofi ABS-SBK. Ini yang membuat saya tergugah dan menjadi motivasi bagi kami untuk meningkatkan program Tahfidz, serta berharap dukungan penuh orang tua, para guru dan masyarakat," pungkas Bupati. 


Senada dengan itu Kabag Kesra H. Afrizon mengatakan program satu rumah satu Hafiz secara teknis di tingkat Kabupaten sedang digarap.


"Alhamdulillah, sudah ada 4 Nagari di Tanah Datar yakni Nagari Pandai Sikek X Koto, Nagari Paninjauan X Koto,  Nagari Tanjung Barulak Batipuh dan Nagari Rao-Rao Sungai Tarab, yang telah melaksanakan program ini, dengan memasangkan stiker di rumah yang sudah ada minimal satu hafiz atau hafizah dan ini akan dikembangkan menjadi program Kabupaten," ujar H. Afrizon.


Turut hadir pada kesempatan itu Kalaksa BPBD Thamrin, Camat Salimpaung Abramis Yuzi, Walinagari Salimpaung dan Walinagari Tabek Patah. (fdy/h)