Semangat Patriot Olahraga Promosikan Pariwisata Sawahlunto -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Semangat Patriot Olahraga Promosikan Pariwisata Sawahlunto

Selasa, 06 April 2021
Foto bersama.


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Dengan semangat patriot olahraga sekaligus mempromosikan pariwisata yang ada di Kota Sawahlunto juga dapat memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian masyarakat. 


Hal ini menjadi tantangan kedepan dengan keterbatasan anggaran dan di tengah pandemi Covid-19 saat rapat koordinasi anggota KONI Kota Sawahlunto tahun 2021 yang bertema "Menuju Prestasi yang Lebih Baik" di Camping Ground Kandi, Selasa 6 April 2021.


Asisten II Marwan bagian administrasi dan pembangunan Setdako Sawahlunto saat rakor menyampaikan bahwa, ia mempunyai cita-cita terwujudnya atlet-atlet yang berprestasi melalui iven-iven yang di ikuti baik lokal maupun tingkat nasional.


"Tantangan kedepan, bagaimana kita menargetkan medali? Harapannya dari rakor ini kita sudah mengukur kemampuan dan persiapan kedepannya dan agar selalu berkoordinasi dengan semua cabang olahraga yang ada," ucapnya saat membuka acara.


Disampaikannya, bagaimana melaksanakan iven-iven itu secara baik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. "Dengan banyaknya perusahaan yang ada di Kota Sawahlunto, bisa dimanfaatkan sebagai orangtua asuh untuk cabor yang ada," harapnya kemudian.


Nova Erizon Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto mengatakan secara kualitas dan kuantitas, atlet-atlet Kota Sawahlunto patut diperhitungkan dalam hal prestasi yang telah diraih selama ini.


Di Camping Ground ini, Pemda Sawahlunto membangun sarana dan prasarana seperti lapangan pacu kuda yang berskala nasional dan lapangan road race sebagai salah satu lapangan permanen yang ada di Sumatera Barat.


"Sebaiknya kita manfaatkan untuk membuat Iven dan silahkan dikelola oleh cabor-cabor. Mari kita mulai sekarang, daerah kita dengan fasilitas lengkap untuk menjadikan tuan rumah bagi Iven keolahragaan sekaligus mempromosikan pariwisata kita," ungkap Nova.


Apapun setiap jenis olahraga dapat dibalut dengan pariwisata. Sehingga dapat menjalin silaturahmi dengan kabupaten kota yang ada di Sumbar.


"Kita mendukung 38 cabor untuk mengadakan iven dan mulailah dengan keterbatasan anggaran serta membina atlet yang berprestasi secara internal. Setelah lebaran, kami tunggu proposal dari cabor yang ada. Kita akan mendukung semampunya sekaligus mempromosikan pariwisata," imbuh Kadis menyampaikan.


Sementara itu, Ketua umum KONI Sawahlunto Muryanto berharap 38 cabor dapat melakukan sharing untuk kemajuan olahraga. Ia mengungkapkan sejak 8 tahun terakhir cabor belum mendapatkan peralatan dan sarana yang memadai.


Mulai tahun ini, secara bertahap sarana dan prasarana di setiap cabor semoga dapat dilengkapi dengan harapan saling sharing dan saling terbuka tentang apa saja yang harus dilengkapi.


"Kegiatan yang sangat mendesak ini semoga dapat kita hadapi dengan baik. Dan perlu diketahui, 9 atlet kita lolos mewakili Sumbar untuk PON serta 3 pelatih. Sarana dan prasarana cabor sangat minim sekali saat ini. Persiapkan atlet-atlet terbaik kita untuk mengikuti ajang keolahragaan kedepannya dan KONI siap memfasilitasinya sesuai anggaran yang tersedia," tandasnya. (ton)