Strategi Pengendalian Inflasi Padang Panjang Menarik Perhatian Kementerian dan Bank Indonesia -->

Iklan Atas

Strategi Pengendalian Inflasi Padang Panjang Menarik Perhatian Kementerian dan Bank Indonesia

Kamis, 08 April 2021

 

Walikota Padang Panjang di High Level Metting

Padang Panjang, fajarsumbar.com - Sejumlah strategi dan inovasi dalam pengendalian inflasi di Kota Padang Panjang, menarik perhatian Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas dan Bank Indonesia. 


Ingin mengetahui lebih jauh, lembaga ini mengajak pemko berdiskusi pada High Level Meeting, Kamis (8/4), di balaikota.


Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dalam paparannya menyampaikan, sejumlah cara yang dilakukan dalam mengendalikan inflasi di hadapan Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional RI/ Bappenas,  Amalia Adininggar Widyasanti, ST, MSi, M.Eng. Ph.D, Direktur Keuangan Negara dan Analisis Moneter Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional RI/ Bappenas, Dr. Ir. Boediastoeti Ontowirjo, MBA dan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar, Dr. Gunawan Wicaksono, ST, MA. 


Yang dilakukan Pemko Padang Panjang antara lain, membentuk Tim Pengendalian Inflasi, diketuai lwali kota dan melibatkan instansi dan OPD terkait. 


Kemudian berkoordinasi dengan TPID Sumbar, Bank Indonesia Perwakilan Sumbar dan TPID kabupaten dan kota lain. Kemudian menerbitkan regulasi/SOP penggunaan anggaran untuk stabilisasi harga, di antaranya sistem pembayaran non tunai.


Pemko menjalankan operasi pasar dan pasar murah dalam menjaga stabilitas harga. 


Pendirian toko tani, pendirian Sub Terminal Agribisnis, penggiatan pertanian perkotaan, optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan untuk pertanian, mendorong kerja sama perdagangan antar daerah.


Dalam mendorong bangkitnya UMKM di masa pandemi, Pemko telah memberikan bantuan wirausaha yang nominalnya hampir menyamai bantuan dari pusat. 


"Hanya Padang Panjang yang menyamai bantuan wirausaha Kementerian. Kalau pemerintah pusat memberikan Rp2.400.000, kita memberikan Rp2.000.000 untuk 2.028 pemilik usaha di tahun 2020,"  sebutnya.


Pemko juga memberikan bantuan sosial tunai selama tiga tahap yang turut menggairahkan  daya beli masyarakat di masa pandemi.  


Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional RI/ Bappenas, Amalia Adininggar mengatakan, selain mengetahui strategi  pengendalian inflasi dan daya beli masyarakat, pihaknya juga ingin mensinergikan pengembangan UMKM binaan Bank Indonesia dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. 


"Saya rasa ini momen penting dalam pemulihan perekonomian di Padang Panjang. Tentunya sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Bank Indonesia adalah hal yang perlu dilakukan bersama-sama," katanya.


Amalia juga mendorong pemko terus mengajak masyarakat menyukseskan program vaksinasi sebagai  titik balik dalam pemulihan perekonomian. 


Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar, Gunawan Wicaksono, mengatakan, ingin menggali lebih dalam bagaimana kinerja dari Padang Panjang sebagai kota Indeks Harga Konsumen (IHK) non Inflasi. 

Setelah berdiskusi secara intens pada acara yang juga dihadiri wawako, Drs. Asrul, Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P. M.Si, dan kepala OPD terkait.


 Tim dari kementerian dan BI yang didamping Pemprov Sumbar  kemudian melakukan kunjungan lapangan ke sejumlah UMKM. (syam)