Tradisi Membersihkan Kuburan Menjelang Ramadhan Jangan Sampai Punah -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Tradisi Membersihkan Kuburan Menjelang Ramadhan Jangan Sampai Punah

Jumat, 02 April 2021
Warga membersihkan pekuburan keluarga


Pessel, fajarsumbar.com - Menjelang memasuki Ramadhan masyarakat Pessel khususnya Kambang Barat gotong royong membersihkan pekuburan keluarga.


Biasanya sebelum melaksanakan kegiatan ini seluruh sanak famili diundang atau baik secara langsung maupun melalui telepon dan kegiatan ini biasanya hari Jumat atau hari Minggu.


Pada hari yang telah ditentukan pada pukul 8.00wib mereka sudah berkumpul di area pemakaman dan acara gotong royong segera di mulai dan biasanya sebelum pukul 12.00 Wib kegiatan tersebut sudah selesai.


Setelah kegiatan gotong royong selesai mereka  belum boleh pulang karena peserta makan bersama dulu di rumah salah satu keluarga yang memang sudah di tunjuk untuk menyediakan menu makan siang (mandoa) dengan maksud mempererat tali silaturahmi antar sanak famili.


"Saya dan keluarga serta sanak famili menjelang memasuki bulan puasa biasanya selalu melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan pandam pekuburan keluarga dan ini sudah menjadi tradisi masyarakat di daerah ini tidak seperti di Jakarta komplek pekuburan di bersihkan dengan memakai jasa penjaga makam," ungkap Hengki salah seorang warga Kambang sambil tersenyum


Wali Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Awaludin sewaktu ditemui fajarSumbar.com di kantornya Jumat (2/4/2021) mengatakan, tradisi masyarakat membersihkan pandam pekuburan keluarga sudah berlangsung sejak lama dan menjadi tradisi masyarakat dari tahun ke tahun.


'Tradisini ini harus kita lestarikan agar tradisi masyarakat ini tidak punah," ujarnya. (wandi)