Ulakan Tapakih Lakukan Seleksi Hafidzh dan Hafidzah -->

Iklan Atas

Ulakan Tapakih Lakukan Seleksi Hafidzh dan Hafidzah

Selasa, 27 April 2021
Suasana seleksi hafidz dan hafidzhan di Masjid Nurul Iman, Rawang Tapakis, Pariaman, Selasa (27/4/2021).


Ulakan, fajarsumbar.com - Untuk memotivasi dan memupuk generasi cinta Al-Qur'an serta menumbuh kembangkan penghafal Al-Qur'an di Kecamatan Ulakan Tapakih, maka dilakukan seleksi Hafidz dan Hafidzah sebanyak 81 orang Hafizh dan Hafidzah untuk kategori 1 s.d 4.Juz berusia 5 - 10 tahun yang merupakan usulan dari 8 Nagari di Masjid Nurul Iman, Rawang Tapakis, Selasa (27/04/21).


Usulan seleksi peserta para penghafidz ini merupakan kegiatan untuk mewujudkan program Gerakan Seribu Penghafal Al-Qur'an "GEBU PAFA" Padang Pariaman


Kegiatan seleksi dibuka secara resm Plt. Camat Ulakan Tapakih Syafruddin yang dihadiri Kasi Kesra Kecamatan Asni Gusti, SP. Penyuluh Fungsional KUA Erlindawati, SAg dan Kasi Kesra Nagari Tapakih Maryulis. 


Tim Seleksi berasal dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ulakan Tapakih dan Penyuluh honorer, dikomandai Dahlan, SPdI dengan anggota Burhani, SPd.I dan Nalis Nazir, SHI.


Camat Syafruddin mengatakan agar anak-anak kita yang Hafidz dan Hafidzah Al-Qur'an ini, akan melahirkan generasi muda yang Qur'ani di Kecamatan Ulakan Tapakih. Ikutilah seleksi ini dengan baik dan hati-hati, ada kriteria penilaian dari Tim. Bagi mereka yang lolos seleksi nantinya, akan diberikan bantuan beasiswa oleh Pemerintah Daerah melalui Bagian Kesra sesuai dengan tingkatan hafalannya.


"Kemudian lagi merupakan kewajiban kita semua sebagai orang tua, untuk memfasilitasi dan memotivasi mereka yang sedang menekuni hafalan Al-Qur'an pada TPA, MDTA dan Pondok Tahfidz. Begitu sebaliknya, kepada anak-anak yang saat ini sedang belajar di TPA, MDTA dan Pesantren ataupun Pondok Tahfidz, jangan sampai berhenti mengaji ditengah jalan. Kuatkan tekad kalian, untuk bisa menyelesaikan hafalan sampai 30 juz" harap dia.


Camat Ulakan Tapakih berpesan kepada para peserta seleksi, tetaplah belajar hingga hafalan kalian mencapai 30 juz. Dengan hafal Al-Qur'an, kalian akan menjadi bintang dalam keluarga. Ibaratnya, sebagai penerang dikala gelap dan penyejuk disaat panas. Begitu juga dalam menjalani kehidupan ini, akan diberikan kemudahan oleh Allah SWT.


"Anak-anak yang Hafidz dan Hafidzah itu, pertanda mempunyai kecerdasan otak diatas rata-rata, dan terpihara amal ibadahnya sepanjang hidup dia. Kita bangga memiliki banyak generasi yang Hafidz dan Hafidzah dari Kecamatan Ulakan Tapakih ini" ungkap Syafruddin.


Kegiatan seleksi hafalan 1 - 4 juz ini, merupakan bagian dari seleksi hafalan 5 - 30 juz, untuk mewujudkan program Gerakan Seribu Penghafal Al-Qur'an (Gebu Pafa) sebagaimana Visi Kabupaten Padang Pariaman yang Unggul Berjaya (Berkelanjutan, Religius, Sejahtera dan Berbudaya).


Sebelumnya tahun 2020 lalu, Pemda Padang Pariaman juga telah memberikan bantuan beasiswa dalam bentuk tabanas, kepada 183 Hafidzh/Hafidzhah se Kabupaten Padang Pariaman. Hal demikian, merupakan hasil seleksi dari 883 Hafizh/Hafizhah dari utusan Kecamatan. (saco)