UNP Dipercaya Jadi Tuan Rumah POMNAS 2022 -->

Iklan Atas

UNP Dipercaya Jadi Tuan Rumah POMNAS 2022

Sabtu, 10 April 2021
 Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si, Ph.D


Padang, fajarsumbar.com - Penunjukan Provinsi Sumatera Barat bersama Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai tuan rumah dan pusat penyelenggaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) Tahun 2022, segera dikelurkan oleh Pusat Prestasi Nasional (PPN) Kementrian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendiknas RI)


Ketua Umum Pengurus Propinsi (PP) BAPOMI Sumatera Barat, Drs. Hendra Syarifuddin, M.Si, Ph.D mengemukakan hal itu, usai rapat persiapan POMNAS Tahun 2022 secara virtual dengan Kementrian Pendikan Nasional (Kemendibud Ri) dan Kemenpora Ri,(09/04/2021). 


Terkait dengan hal ini, sambung Hendra, Kepala PPNKemendiknas RI, Asep Sukmayadi menyebutkan, SK penunjukkan Sumatera Barat dan UNP sebagai tuan rumah POMNAS Tahun 2022, segera diprosesnya.


Tujuanya, agar proses persiapan penyelenggaraan kegiatan dapat dilakukan segera mungkin, mengingat POMNAS akan dilaksanakan bulan Agustus-September Tahun 2022 mendatang.


SK penunjukkan ini sangat penting bagi BAPOMI Sumatera Barat dan UNP, jelas Hendra sebagai langkah untuk melakukan persiapan kegiatan, termasuk pencarian dana untuk pelaksanaan kegiatan, baik terhadap Pemerintah Pusat, Pemerintah Propinsi Sumatera Barat maupun Sponsorship


Berbicara besarnya dana yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan tersebut, berdasarkan pengalaman pada kegiatan yang digelar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebagai tuan rumah POMNAS DKI Jakarta, dibutuhkan dana sekitar Rp.40 Miliar.


"Namun melihat dari kondisi antara Jakarta dan Padang cukup berbeda, nanti bisa kita hitung fleksibilitas anggaran yang akan dibuatkan dalam proposal dan besar yang akan dikirimkan ke BAPOMI Pusat, Kemendiknas dan Kemenpora," ulasnya.


Sementara itu Rektor UNP Profesor Ganefri P. hD  menyatakan, Sumatera Barat dengan UNP  telah siap sebagai tuan rumah penyenggaraan POMNAS Tahun 2022.


"Gubernur Sumatera Barat, kalangan perguruan tinggi, KONI dan instansi terkait lainnya di Sumatera Barat, juga siap membantu pelaksanan POMNAS Tahun 2022 ini," ujar Gandfri. (Rel/Rn Dz)