UNP Dipercaya Pelaksana Ujian Tulis Berbasis Komputer -->

Iklan Atas

UNP Dipercaya Pelaksana Ujian Tulis Berbasis Komputer

Kamis, 08 April 2021

Profesor Ganefri. Ph.D


Padang, fajarsumbar.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mempercayakan Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai pelaksana Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2021.


Terkait dengan hal itu, UNP selaku tuan rumah, telah siap sebagai pelaksana UTBK Tahun ini, dengan mempersiapkan prasarana dan pantia pengelenggara UTBK.


Untuk melaksanakan UTBK ini, UNP tetap menyesuaikan dengan arahan LTMPT, yakni menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 secara ketat bagi seluruh peserta ujian dan panitia UTBK.


Bagi peserta UTBK Tahun 2021 ini, hanya bisa memilih 3 pilihan, yakni terkait Saintek, Soshum dan Campuran, sedangkan pelaksanaan ujian dibagi menjadi 2 sesi dalam 1 hari.


Ujian gelombang Pertama, akan dilaksanakan mulai, tanggal, 12 sampai 18 April 2021 dan gelombang kedua, dari 26 April hingga 2 Mei 2021, dengan jumlah peserta UTBK sebanyak 18.095 orang.


Hal tersebut, diungkapkan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Profesor Ganefri. Ph.D, terkait kesiapan UNP melaksanaan UTBK Tahun 2021.


Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan UTBK, sebut Profesor Ganefri, UNP telah membentuk panitia dan memberikan pembekalan terhadap seluruh panitia, pengawas, dan melakukan pemeriksaan pada setiap labor-labor komputer yang akan digunakan untuk UTBK .


Menurutnya, labor- labor UNP yang akan dipergunakan untuk pelaksanaan UTBK itu sebanyak 55 unit, dengan jumlah peserta persesi 910 orang.


Labor yang digunakan untuk UTBK, hanya diisi setengah dari kapasitas yang ada. Hal ini dilakukan UNP,  sebagai upaya menerapkan Prokes demi mencegah penularan Covid-19 dengan tetap menjaga kelancaran pelaksanaan UTBK 2021, ujar Profesor Ganefri.


Tak hanya itu saja, bahkan setiap gedung yang dijadikan lokasi ujian,  telah dipersiapkan tempat mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta garis penanda physical distancing pada tempat-tempat antrian.


Dalam pelaksanaan UTBK ini, seluruh panitia pelaksana telah menyiapkan berbagai prosedur serta ketentuan bagi seluruh peserta ujian wajib mematuhi Prokes sesuai kebijakan yang telah di atur oleh LTMPT ujarnya.


Guna mencegah terjadinya penyebaran virus covid-19. Rektor UNP berharap semoga UTBK yang laksanakan di UNP ini dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada kendala. (Rell Unp/Rn Dz).