UTBK di UNP Berjalan Lancar -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

UTBK di UNP Berjalan Lancar

Jumat, 30 April 2021
Para petugas keamanan pada pelaksanaan UTBK di UNP Air


Padang, fajarsumbar.comPelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Panitia Lokal (Panlok) 142 Universitas Negeri Padang (UNP) berjalan dengan lancar, baik dan aman.


Hal ini terkait karena dalam pelaksanaan kegiatan UTBK Universitas Negeri Padang (UNP) mempunyai keamanan yang cukup komplit, selain menggunakan pihak keamanan langsung, juga menggunakan sistem keamanan berbasis teknologi.


Termasuk memakai teknologi digital, seperti portal otomatis (barrier gate) yang berada di empat pintu masuk ke kampus UNP, kamera CCTV di seluruh lokasi ujian dan tempat parkir, serta petugas yang dilengkapi dengan metal detector untuk mendeteksi keberadaan ponsel dari peserta UTBK agar tidak lolos sampai ke ruang ujian, jelas Koordinator Keamanan UTBK Panlok 143 UNP, Dr. Budiwirman, M.Pd .


Ditambah lagi dengan tenaga petugas keamanan yang tergabung berjumlah 39 orang yang siap untuk mengawasi Selama proses UTBK, yakni terdiri dari Kepolisian, Satpam Dosen serta tenaga pendidik (Tendik).


"Timnya selalu bekerja dengan tetap menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Keamanan yang telah disiapkan. Termasuk dengan Prokes Ketat, ujarnya.


Dijelaskan, SOP ini diberlakukan mulai dari peserta masuk ke UNP sampai diserahkan ke pengawas di ruang ujian, juga termasuk ketika peserta selesai ujian dan hendak meninggalkan lokasi.


“Kami bersinergi dengan Koorlap Lapangan UTBK, dengan menggunakan mobil patroli keamanan kampus untuk membantu antar jemput peserta jika ada yang telat atau tidak tahu lokasi”, kata Budiwirman, juga Dosen Pendidikan Seni Rupa yang konsisten mengabdi sebagai Tim Keamanan sejak tahun 1996 di UNP.


Pihaknya juga berkolaborasi dengan pihak kepolisian atau Intel untuk memantau situasi selama penyelenggaraan UTBK.


Sementara, Kepala Satpam UNP AH. Batubara menjelaskan, untuk keamanan dan antisipasi curanmor, pihaknya telah menempatkan 2 orang satpam, siap untuk mengawasi.


Sampai pada hari ke-11 penyelenggaran UTBK di Panlok 142 UNP, situasi dan kondisi keamanan terkendali dan stabil.(Rel/rdz)


adsen