Vaksinasi Covid-19 Tidak Membatalkan Puasa -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Vaksinasi Covid-19 Tidak Membatalkan Puasa

Rabu, 14 April 2021
.

Lubuk Basung, fajarsumbar. com - Walau sedang menjalankan ibadah puasa, vaksin tetap aman dan bisa dilakukan dan tidak membatalkan ibadah puasa. Asal orang yang akan divaksin dalam kondisi sehat dan siap setelah dilakukan pemeriksaan secara medis.


Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Agam, Tri Pipo kepada fajarsumbar.com, Rabu (14/4/2021). “Secara kesehatan dipastikan aman dilakukan saat menjalankan ibadah puasa. Secara keagamaan, MUI juga menyatakan vaksin Covid-19 aman bagi yang berpuasa,” ujarnya.


Dijelaskannya, karena terbilang aman dan tidak membatalkan puasa, maka tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti vaksinasi saat berpuasa.


“Orang yang akan menjalankan vaksin Covid-19 hanya perlu istirahat yang cukup atau kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan mengonsumsi makanan sehat saat sahur,” jelasnya.


Tri Pipo menyebut pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilaksanakan secara bertahap. Hingga 10 April 2021, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sudah menyasar masyarakat kategori usia lanjut (lansia).


“Sasaran masyarakat usia lanjut ini kurang lebih sekitar 54.504 orang yang lokasi penyuntikannya tersebar di seluruh puskesmas ditambah rumah sakit,” sebut Tri Pipo.


Ditambahkannya, setelah tahap vaksinasi Covid-19 bagi lansia selesai, penyuntikan vaksin akan menyasar masyarakat dengan kategori rentan dan masyarakat umum.


“Pada tahap I dan II lalu, vaksinasi Covid-19 menyasar 1.691 tenaga kesehatan dan 29.706 petugas publik yang ada di Kabupaten Agam,” ujarnya. (Yanto)



adsen