Wako Fadly Amran Kampanyekan Program Smart Surau -->

Iklan Atas

Wako Fadly Amran Kampanyekan Program Smart Surau

Senin, 05 April 2021

 

Walikota Fadly Amran ketika membuka khatam Quran di Ganting.

Padang Panjang, fajarsumbar.com - Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano kampanyekan program Smart Surau di hadapan puluhan jamaah serta santri ketika membuka kegiatan khatam Alquran di Mushalla Nurussalam Tabek Gadang,  Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur, Minggu (4/4). 


Walikotamengatakan, program Smart Surau yang dihadirkan Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang berupa pemasangan wifi di setiap masjid untuk menunjang kegiatan belajar daring pelajar pada masa pandemi.


“Menyediakan akses internet, sesuai tujuan awal kita, meringankan beban belanja akses internet untuk kebutuhan pembelajaran daring yang makin tinggi di masa pandemi," jelas walikota. 


Di tengah tekanan situasional saat ini, kata walikota, proses pembelajaran tetap berjalan. Hanya saja, proses pendidikan berjalan secara online. Proses pendidikan mulai dari SD hingga bangku perkuliahan dilakukan secara daring. Fakta  ini diakuinya memberatkan masyarakat untuk mendapatkan akses internet. 


“Kita berharap dengan fasilitas internet gratis ini, dapat membantu masyarakat untuk akses internet dalam rangka kebutuhan sekolah anak," tuturnya. 


Fadly menyebutkan, keberadaan internet juga sudah menjadi kebutuhan dasar saat ini, terutama sebagai media dalam proses pendidikan.


"Internet di masjid, salah satu media untuk mendekatkan hati anak-anak ke masjid. Kita berikan kesempatan mereka menggunakan internet. Dengan akses internet di lokasi publik, terlebih di lokasi ibadah ini, diharapkan akan membantu proses saling kontrol dan menjaga dari banyak pihak terhadap akses konten internet yang tidak baik oleh anak-anak. Nanti ketika waktu shalat tiba, akan lebih besar peluangnya mereka akan ikut shalat berjamaah,” ujarnya.


Terkait Khatam Qur’an yang digelar di beberapa masjid di  Padang Panjang, walikota berharap, para remaja mampu meningkatkan kualitas mengajinya, dan mampu ikut serta dalam kegiatan MTQ ke-39 yang mana Padang Panjang adalah tuan rumah dalam MTQ tersebut.


“November nanti Padang Panjang akan menjadi tuan rumah MTQ ke-39. Tentunya sebagai tuan rumah, kita harus mempersiapkan yang terbaik untuk pelaksanaan ini. Selain mempersiapkan kegiatan, kita juga harus mempersiapkan qari dan qoriah yang mampu berprestasi dalam MTQ ke-39 ini. Untuk itu, kepada adik-adik diharapkan mampu ikut serta dan mengikuti seleksi yang sedang digelar oleh Bagian Kesra,” jelas walikota.


Fadly juga berpesan kepada para santri yang akan khatam, agar khatam Alquran ini jangan dijadikan akhir untuk membaca Alquran, justru harus bertambah rajin. Ini tentunya tidak lepas dari kontrol para orangtua di rumah. (syam)