18 Akademisi UNP Dikukuhkan Jadi Anggota MPK Sumbar -->

IKLAN MGID ATAS

18 Akademisi UNP Dikukuhkan Jadi Anggota MPK Sumbar

Sabtu, 29 Mei 2021
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, mengukuhkan Majelis Pertimbangan Kelitbangan Provinsi Sumatera Barat.


Padang, fajarsumbar.com - Sebanyak 18 orang akademisi UNP dipercaya oleh Pemerintah Provinsi Sumbar menjadi bagian dari Majelis Pertimbangan Kelitbangan (MPK) Provinsi Sumbar Sumbar tahun 2021-2025.


Anggota MPK Provinsi Sumbar ini langsung dikukuhkan oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Kamis (27/05/2021) di Auditorium Gubernuran Sumbar.


Dalam wadah MPK Sumbar ini beranggotakan para akademisi dari 4 perguruan tinggi di Sumbar, yakni dari Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP), UIN Imam Bonjol dan Universitas Bung Hatta (UBH) serta dari praktisi yang telah berkiprah untuk pembangunan Sumbar.


Sebagai panasehat Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D, sedangkan Muhammad Irfan SE, M.Si (Sekretaris Tenaga Ahli), Prof. Dr, Mujiran, M.S.Kons, Prof. Dr. Jamaris, M.Pd, Prof. Dr. Firman, M.S Kons, Prof. Dr. Alwen Bentri, M.Pd dan Dr. Kasmita, S.Pd, M.Si.


Bidang Sumber Daya Manusia/ Pendidikan, Dr. Erianjoni, M.Si dan Dr. Siti Fatimah, M.Pd., M.Hum. (Bidang ABS SBK: Agama dan Budaya), Prof. Dr. Syamsul Amar, M.S, Prof. Dr. Yasri, M.S, Ir. Syahril, M.S.c, Ph.D dan Dra. Asmar Yulastri, M.Pd, Ph.D (Bidang Ekonomi Syariah dan UKM), Abror, SE. ME, Ph.D dan Dra. Ernawati, M.Pd, Ph.D.


Bidang Ekonomi Kreatif dan Kepariwisataan, Dr. Indang Dewata, M.Si, Rusnardi Rahmat Putra, ST, M.T, Ph.D. Eng , Dr. Idris, M.Si dan Dr. Muhammad Anwar, S.Pd, M.T (Bidang Infrastruktur, Lingkungan dan Kebencanaan)


Gubernur Sumbar Mahyeldi, berharap adanya review dari MPK terhadap kebijakan dalam menyusun pembangunan daerah. Sehingga Pemda selalu merangkul perguruan tinggi di Sumbar untuk percepatan pembangunan Sumbar ke depan.


Hal ini sejalan dengan pernyataan Koordinator MPK Sumbar Musliar Kasim yang mengharapkan apapun kebijakan yang akan dibuat di daerah harus didasari oleh riset dan kajian-kajian yang komprehensif dan mendalam.


Ditambahkan oleh mantan Wamendikbud ini, bahwa MPK siap merumuskan segala kepentingan pembangunan untuk kemajuan Sumbar.


Sementara itu, Indang Dewata salah satu akademisi UNP yang ditugaskan dan dipercayai sebagai sub koordinator Bidang Infrastruktur, Lingkungan dan Kebencanaan yang hadir dalam pengukuhan MPK, berharap MPK lebih proaktif dan bersinergi dengan Pemprov Sumbar, dan harus lebih banyak produk yang dihasilkan dari pada institusi lama Dewan Riset Daerah yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan lembaga MPK ini. (Rel/RDz)