Anggota DPRD Sawahlunto Bantu Pengembangan UEP Karang Taruna dengan Dana Pokir -->

IKLAN MGID ATAS

Anggota DPRD Sawahlunto Bantu Pengembangan UEP Karang Taruna dengan Dana Pokir

Senin, 31 Mei 2021
.


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Bimbingan teknis penumbuhan kewirausahaan sosial melalui gerakan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Karang Taruna di Kecamatan Talawi dilaksanakan oleh Dinas Sosial bersama pengurus karang taruna kota, Senin 31 Mei 2021 di Dusun Kundi, Desa Talawi Mudik.


Kegiatan dibuka lansung oleh Kepala Dinas Sosial PMDPPA Kota Sawahlunto Efriyanto dengan peserta terdiri dari kelompok taruna tani anggota karang taruna Desa Talawi Mudiak, pengurus Karang Taruna se-Kecamatan Talawi dan Kota Sawahlunto. 


Dalam sambutannya kadis sosial menyampaikan agar karang taruna yang berada di Kecamatan Talawi lebih pro aktif mengarahkan kegiatan ekonomi produktifnya ke sektor pertanian terpadu karena potensi pertanian di Talawi sangat memungkinkan untuk dikembangkan.


Kegiatan ini dalam bentuk bimtek berupa sekolah lapangan pertanian yang dipandu lansung oleh balai penyuluh pertanian Kecamatan Talawi. 


Selain memberi materi teknis tentang budidaya tanaman cabe, juga dilansungkan pemberian bantuan lansung pengembangan UEP Karang Taruna oleh 2 orang anggota DPRD Kota Sawahlunto Rio Mardanil, SH fraksi Nasdem dan H. Afdal, S.Si Apt fraksi PKS. 


Bantuan ini berupa barang-barang pertanian dan perikanan yang bersumber dari dana pokir anggota DPRD tersebut yang telah dititipkan di Dinas Sosial untuk kegiatan-kegiatan UEP Karang Taruna.


Dalam pesan testimoni singkat Rio Mardanil menyampaikan, "ini adalah wujud komitmen kami dalam mendukung program kota untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan alokasi dana Pokir (Pokok Pikiran) yang dikolaborasikan melalui kegiatan karang taruna."


Sementara itu H. Afdal berpesan agar karang taruna terus berbuat terjun ke masyarakat khususnya ke anggota karang taruna nya yang aktif dengan UEP-nya sehingga persoalan sosial generasi muda seperti pengangguran bisa dicegah. 


"Pokir yang kami berikan adalah stimulan/perangsang agar usaha bisa berkembang dan hadirkan kemandirian. Di tahun depan kami siap dukung kembali aktifitas positif karang taruna seperti ini melalui dana pokir," sebutnya dalam kegiatan.


Sementara itu ketua Karang Taruna Kota Sawahlunto Andri Maha Putra, diwakili Sekretaris KT Kota Roynaldo yang didampingi Wakil Ketua Karang Taruna Korwil Kecamatan Talawi Fransieromi, menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah upaya kita pengurus kota untuk terus berkomitmen melahirkan UEP-UEP percontohan Karang Taruna di setiap kecamatan. 


"Kali ini di Talawi kita pilih memulainya dengan mendorong lahirnya kelompok taruna tani oleh karang taruna desa. Kedepan kita akan tindaklanjuti program ini agar menjadi matang dengan menjalin perjanjian kerjasama dengan dinas pertanian kota," imbuhnya.


"Tahun ini kita dibantu berkegiatan oleh 3 anggota DPRD melalui Pokir-nya yaitu H. Afdal fraksi PKS, Rio Mardanil fraksi Nasdem dan Iwan Kurniawan fraksi Demokrat," tandasnya kemudian. (ton)