Bupati Safaruddin Kunjungi Budidaya Ikan Gurame Sago -->

Iklan Atas

Bupati Safaruddin Kunjungi Budidaya Ikan Gurame Sago

Selasa, 18 Mei 2021
.

Lima Puluh Kota, fajarsumbar.com - Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo kunjungi Raja Place lokasi Budidaya ikan Gurame Sago di Kenagarian Suliki, Kecamatan Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar). 


Dikatakan Bupati, Budidaya Ikan Gurame memiliki potensi pasar yang luas khususnya dikonsumsi oleh masyarakat. Selain itu dapat menjadi usaha alternatif masyarakat untuk peningkatan ekonomi secara umum di Kabupaten Lima Puluh Kota. Budidaya ikan air tawar di daerah juga menjadi bagian penopang ketahanan pangan.


"Perlu ditindaklanjuti secara baik, ini inovasi masyarakat yang perlu didukung penuh Pemkab. Melalui benih, induk dan pakan, Budidaya Ikan Gurame Sago kedepan  harus memiliki siklus produksi berkesinambungan sebagai pendapatan masyarakat," kata Bupati, didampingi Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Perikanan, Senin (17/5/2021). 


Sementara itu Armendo pemilik Raja Place menyebutkan, Gurame Sago merupakan ikan asli Kabupaten Lima Puluh Kota yang sudah ditetapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP-RI). Raja Place produksi benih jenis unggul untuk dibudidayakan ke masyarakat, karena Gurame Sago merupakan ikan yang diminati ditingkat internasional. 


"Sudah ditetapkan KKP-RI. Dengan itu inovasi budidaya gurame sago ini terus kami tingkatkan semaksimal mungkin sebagai bibit unggul dan produksi baik," kata Armendo. 


Diakuinya, khusus Gurame Sago, saat ini Raja Place belum bisa memenuhi permintaan lokal untuk konsumsi. Dengan program dan inovasi yang akan dikembangkan, kedepan permintaan atau kebutuhan konsumen dapat terpenuhi. 


"Target kita kedepan 2000 ton per bulan, ini target konsumsi dan juga untuk memenuhi permintaan pasar internasional. Jelas ini akan melibatkan banyak masyarakat Lima Puluh kota," tutup Armendo.(ul)