Empat Guru Besar UNP Dikukuhkan -->

IKLAN MGID ATAS

Empat Guru Besar UNP Dikukuhkan

Kamis, 06 Mei 2021
 Prof. Ganefri. Ph.D


Padang, fajarsumbar.com - Empat Guru Besar Universitas Negeri Padang (UNP), dilukuhkan dalam rapat senat terbuka di Auditorium UNP Air Tawar Padang, Kamis, (7/5/2021).


Kempat Guru Besar yang dikukuhkan itu, dua orang diantaranya Profesor. Dr. Bafirman. HB, M. Kes, AIFO dan Prof. Dr. Alnedral, M.Pd dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Profesor. Dr. Hadiyanto, M. Ed dan Profesor. Dr. Daharnis, M.Pd. Kons dari Fakultas Ilmu Pendidikan.


Ketua Senat Universitas Negeri Padang Prof. Dr. Sufyarma Marsidin, M.Pd menjelaskan, dengan dikukuhkannya 4  orang Guru Besar tersebut, maka UNP sampai saat ini, telah memiliki 72 Guru Besar, dari berbagai Fakultas.


Terkait dengan hal itu, UNP 4 Mei 2021 lalu, kembali menerima Surat Keputusan (SK) Guru Besar Baru, atas nama Profesor. Dr. Usmeldi, M.Pd dari Fakultas Teknik dan Profesor. Dr. Yerizon, M,Si dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.(FMIPA), jelas Ketua Senat UNP Profesor. Dr. Sufyarma Marsidin, M.Pd.


Menurut Sufyarma Marsidin, masing- masing Guru Besar yang dikukuhkan itu, juga menyampai orasi ilmiahnya, yakni Profesor. Dr. Hadiyanto, M.Ed dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Guru Besar Bidang Manajemen Pendidikan itu, dengan Judul Orasi, Mengisi Manajemen Berbasis Sekolah dengan Perbaikan Iklim Kelas dan Iklim Sekolah, Profesor. Dr. Daharnis, M.Pd Kons Guru Besar bidang ilmu Bimbingan dan Konseling (FIP) menyampaikan, Peran Konselor dan Kerjasama antar Personil dalam Optimalisasi Peserta Didik.


Sementara itu, Rektor UNP Profesor Ganefri. Ph.D  mengatakan, UNP menargetkan jumlah guru besar pada Tahun 2022 nanti, meningkat menjadi 100 orang


Untuk mendapatkan guru besar itu, sebut Profesor Ganefri mereka harus menghasilkan karya-karya yang inovatif. Semakin banyak guru besar maka institusi atau lembaga itu pasti semakin banyak menghasilkan karya inovatif.


"Jika banyak karya dosen yang dipublish dalam jurnal bereputasi maka dosen akan banyak yang naik jabatan karena salah satu kesulitan dosen naik pangkat yaitu memenuhi publikasi karya ilmiah,” imbuhnya.


Untuk itu Rektor akan selalu mendorong dosen untuk terus meningkatkan kualitas dalam menghasilkan karya inovatif sebab hal itu akan berpengaruh terhadap proses pembelajaran.


Empat guru besar UNP yang dikukuhkan hari ini berasal dari dua Fakultas, yakni Prof Dr Bafirman. M. Kes, AIFO dan Prof Dr Alnedral, M.Pd dari Fakultas Ilmu Keolahragaan. Kemudian dari Fakultas Ilmu Pendidikan ada Prof Dr Hadiyanto, M. Ed dan Prof Dr Daharnis, M.Pd. Kons.


Kemudian pada 4 Mei 2021 telah diterima lagi 2 SK guru besar baru, yakni Prof Dr Usmeldi, M.Pd dari Fakultas Teknik dan Prof Dr Yerizon, M,Si dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Rencananya dua guru besar itu akan dikukuhkan dua bulan lagi. 


Pada kegiatan yang dihadiri secara terbatas dari unsur pimpinan UNP dan Fakultas yang terdiri dari Rektor dan Wakil Rektor, Ketua, Sekretaris dan Ketua Komisi Senat UNP, Dekan dan Direktur Pascasarjana di lingkungan UNP serta perwakilan keluarga dari Guru Besar yang akan dikukuhkan dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 yang ketat.(Rel/RDz)