Gubernur Canangkan KWT Tulip sebagai Kawasan Rumah Pangan Lestari -->

Iklan Atas

Gubernur Canangkan KWT Tulip sebagai Kawasan Rumah Pangan Lestari

Kamis, 27 Mei 2021
Gubernur Mahyaledi Ansharullah saat meninjau produksi hasil pertanian KWT Ganting, Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com -  Gubernur Sumaera Barat,  Mahyeldi Ansharullah mencanangkan Kelompok Wanita Tani (KWT) Tulip, RT 5 Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur sebagai Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) 2021. Ini langkah untuk menggalakkan daerah dalam berbagai kegiatan ketahanan pangan.


Dalam pencanangan KRPL ini, juga diserahkan bantuan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) senilai Rp60 juta kepada KWT Tulip.


Dikatakan Gubernur Mahyeldi, pencanangan KRPL sebagai bentuk pelaksanaan seruan pemerintah pusat supaya segera menggalakkan kegiatan-kegiatan untuk ketahanan pangan di Indonesia.


“Sebab, ketahanan pangan dewasa ini memang sebuah kenyataan yang harus dilaksanakan secepatnya, lantaran tingginya tingkat konsumsi masyarakat terhadap kebutuhan pokok. Situasi ini lambat laun akan mengakibatkan besarnya tekanan dan kebutuhan pokok di Indonesia,” ulasnya.


Gubernur menambahkan, dalam pengembangan jenis pangan seperti umbi-umbian dan sayur organic, para ibu di rumah bisa memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam berbagai kebutuhan pokok dan tanaman bermanfaat lainnya.

Sementara Walikota, Fadly Amran, menyampaikan, Program KRPL merupakan program yang cocok dengan masyarakat  Padang Panjang. Di mana pemanfaatan halaman jadi hijau, kegiatan yang dilakukan kelompok wanita tani ini juga dapat membantu kebutuhan pokok pangan keluarga sehari-hari termasuk juga dapat meningkatkan ekonomi.


“Produk sayuran organik dan kegiatan yang dilakukan KWT Tulip ini, merupakan sebagai bentuk percepatan pengembangan konsumsi, pangan lestari, sebagai upaya dalam menjaga kelestarian ketersediaan pangan masyarakat khususnya di Padang Panjang,” ujarnya.


Fadly berharap, generasi muda juga diajak membangun kawasan pangan lestari, sehingga kebutuhan lain-lain terpenuhi. “Kegiatan ini memang banyak dilakukan kaum ibu, mudah-mudahan ini juga dapat dibantu kaum bapak untuk memenuhi konsumsi keluarga,” ajaknya.

Kadis Pangan dan Pertanian Provinsi Sumbar, Ir. Efendi, MP selaku ketua panitia menambahkan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya diversifikasi pangan lokal Provinsi Sumatera Barat tahun 2021.


Ia berharap dengan telah dicanangkannya KRPL  di KWT Tulip ini, dapat mendorong ibu rumah tangga di wilayah ini memanfaatkan lahan pekarangan kosong di rumah untuk menanam kebutuhan pokok sebagai  ketahanan pangan.


Usai melakukan pencanangan, rombongan gubernur mengunjungi stand olahan pangan lokal dan demplot KWT Tulip. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Forkopimda, kepala OPD, Ketua TP PKK Kota Padang Panjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp, JP, kepala Dinas Pangan dan Pertanian se-Provinsi Sumbar, dan niniak mamak serta tokoh masyarakat setempat. (syam)