IAIN Batusangkar Buka Pendaftaran Jalur Mandiri -->

Iklan Atas

IAIN Batusangkar Buka Pendaftaran Jalur Mandiri

Selasa, 25 Mei 2021
Rektor IAIN Batusangkar memberikan arahan kepada Panitia Mahasiswa Baru, di Sekretariat Kampus IAIN, Selasa, (25/5).

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Jalur masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar masuk tahap jalur Mandiri dan Prestasi, yang dibuka jadwalnya dari tanggal 24 Mei sampai dengan 23 Juli 2021. Hal itu disampaikan Humas IAIN Batusangkar Doni Oktarizal lewat pesan whatsapp kepada fajarsumbar.com, Selasa (25/5/21). 


Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PBM)  Dr. H. Zainuddin, MA sampaikan, sekarang juga di gelar Ujian Masuk (UM) PTKIN secara Nasional, yang diselenggarakan di 58 PTKIN se-Indonesia secara serentak, dengan mengunakan sisten daring, bertujuan untuk memudahkan peserta agar tidak perlu datang ke lokasi ujian, sehingga cukup mengerjakan di rumahnya masing- masing, mengingat Indonesia masih di landa pendemi Covid-19.


"Sebanyak 2127 calon mahasiswa yang telah memilih IAIN Batusangkar, dengan pilihan 27 jurusan dari 4 fakultas, diantara 27 jurusan khusus 7 jurusan sudah terakreditasi A dan pada umumnya sudah terakreditasi dengan baik," sebut Dr. H. Zainuddin. 


Zainuddin juga menerangkan bahwa pelaksanaan UM-PTKIN di gelar secara daring, selama tiga hari 24-25 dan 27 Mei 2021 dengan tujuh sesi. Peserta diwajibkan menginstal aplikasi UM-PTKIN di perangkat elektronik baik komputer, laptop, atau smartphone, kemudian aplikasi itu juga terkoneksi dengan pengawas dan panitia lokal IAIN Batusangkar, yang memantau lewat kamera perangkat elektronik masing-masing peserta.


"24 Mei 2021 ini kita telah buka pendaftaran Jalur Mandiri, yang sudah kita jadwalkan jauh-jauh hari, pendaftaran sampai dengan tanggal 23 Juli 2021, disamping jalur mandiri kita juga siapkan satu jalur pretasi, untuk para calon mahasiswa yang mempunyai berbagai prestasi yang dimiliki, dengan sistem pendaftaran online pada laman www.pmb.iainbatusangkar.ac.id," tambah Zainuddin. 


Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Marjoni, M.Sc menekankan, mari kita maksimalkan pelaksanaan UM-PTKIN tahun ini. "Buat semua para calon mahasiswa yang melakukan ujian SSE di IAIN Batusangkar, dan juga buka pelayanan informasi tentang pendaftaran jalur Mandiri dan Prestasi yang akan memilih ke IAIN Batusangkar," tutup Rektor.(fdy)