IAIN Batusangkar Persiapan Mengikuti Multievent PKM PTKIN II se Sumatera di UIN IB Padang -->

IKLAN MGID ATAS

IAIN Batusangkar Persiapan Mengikuti Multievent PKM PTKIN II se Sumatera di UIN IB Padang

Jumat, 07 Mei 2021
Persiapan Kontingen Mahasiswa IAIN Batusangkar dalam menghadapi PKM PTKIN se Sumatera di Padang.


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Multievent Pekan Kreativitas Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PKM PTKIN) Se-Sumatera hanya menghitung hari, yang akan digelar pada tanggal 27 s/d 31 Mei dengan sistem daring, dan pada tanggal 04 s/d 10 Juni dengan sistem luring, yang mana diikuti 22 PTKIN, bertindak sebagai tuan rumah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang (UIN IB).


Sebagai salah satu kontingen/peserta PKM PTKIN tahun 2021, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar terus bersiap demi mencapai target prestasi pada event bergensi yang hanya dihelat sekali dua tahun ini, berbagai persiapan sudah dilaksanakan dalam menyukseskan PKM-PTKIN ke II ini. Hal itu disampaikan Humas IAIN Batusangkar Doni Oktarizal lewat pesan whatsapp, Jumat (7/5/21). 


“Persiapan demi persiapan terus kita lakukan, mulai dari penjaringan atlit, latihan-latihan di setiap cabang, maupun persiapan teknis non teknis lainnya. Intinya kami siap untuk tampil optimal di Padang nanti, demi meraih prestasi dan nama IAIN Batusangkar," sebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Sirajul Munir, M.Pd. 


Sirajul Munir tambahkan pada PKM-PTKIN II ini IAIN Batusangkar menurunkan 42 orang kontingen (mahasiswa terbaik), yang akan mengikuti 26 nomor lomba/cabang yang di perlombakan, yakni 11 cabang secara daring dan 15 cabang luring.


"IAIN Batusangkar harus jadi yang terbaik, kita menergetkan tampil dengan baik, raih mendali sebanyak-banyaknya dan perlu percaya diri, karena event kali ini masih barada dalam satu Provinsi, kita di Batusangkar kegiatannya di Padang," ujarnya. 


Sementera itu Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc. katakan multievent ini selain sebagai ajang silaturahmi sesama mahasiswa PTKIN, juga sarana strategis mengembangkan tradisi kegiatan ilmiah, olahraga, seni dan riset mahasiswa PTKIN. "Sehingga diharapkan muncul olahragawan, seniman dan peneliti-peneliti muda yang ahli di bidangnya, agar mampu berkontribusi pada pembangunan bangsa," kata Rektor. 


IAIN Batusangkar sendiri akan mengikuti nomor-nomor pertandingan dan lomba pada cabang yakni Bidang Ilmiah, Debat Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Konstitusi, Bisnis Plan, Musabaqah Qiritil Kutub (MQK), Musabaqah Karya Tulis Al Quran (MKTQ) dan Musabaqah Fahmil Al Quran (MFQ).


Sedangkan Bidang olahraga cabang Bulutangkis, Lempar pisau, Pencaksilat, Panjat Dinding, Tenis Meja, Catur Cepat dan Bidang Seni & Riset Kaligrafi Naskah, Dekolarasi, Musabaqah Hifdz Al Quran 10 Juz, MTQ, Puitisasi Al Quran, Pop Solo Islami, Pemilihan Dai Mahasiswa, Standup Comedy, Film Pendek, Story Telling, Lomba Karya Tulis Ilmiah Ilmu Social dan Inovasi Media Pembelajaran. (fdy)