Kampus UNP Jadi Lokasi Pojok Statistik -->

IKLAN MGID ATAS

Kampus UNP Jadi Lokasi Pojok Statistik

Rabu, 05 Mei 2021

Dekan FMIPA Universitas Negeri Padang Dr. Yulkifli. M.Si.


Padang, fajarsumbar.com -  Kampus Universitas Negeri Padang (UNP) kembali mendapat kepercayaan, dari Badan Pusat Statistik (BPS RI), sebagai lokasi pendirian pojok statistik.


Terkait dengan hal itu, Tim BPS RI dan Pimpinan Fakultas Matematik dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNP mengadakan pertemuan, dengan agenda membicarakan persiapan pojok Statistika yang akan didirikan oleh BPS di lingkungan kampus UNP  secara virtual, Rabu (5/05/2021).


Hal ini, sebagai realisasi kerja sama antara BPS Sumatera Barat dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) khususnya jurusan statistika, jelas Dekan FMIPA UNP Dr. Yulkifli, M.Si.


Selain itu, didukung dengan hubungan yang intens selama ini antara Jurusan Statistika dengan BPS menjadi salah satu alasan dipilihnya kampus UNP sebagai lokasi pojok statistik BPS.


Pojok statistik tersebut, menurut Yulkifli, adalah layanan baru dari BPS untuk Civitas Akademika khususnya bagi mahasiswa mengenai penyediaan beragam informasi data dan metode pengolahan data yang bersumber dari data BPS. Selain itu, sebagai layani konsultasi data dan pengelolaannya khusus untuk kegiatan penelitian mahasiswa dan dosen serta sebagai perpanjangan tangan BPS di lingkungan kampus.


"Dengan pojok statistik ini, adanya penyebaran statistik dan meningkatkan melek statistik terhadap masyarakat, khususnya sivitas akademis kampus," harap Yulkifli.


Pojok Statistik ini, merupakan yang ke tiga didirikan oleh BPS Pusat di lingkungan kampus UNP, setelah Kampus (Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Sumatera Utara (USU), menyusul pojok Statistika ITS dan di kampus lainnya. 


Ia menjelaskan, bagi UNP, keberadaan Pojok Statistik ini akan menjadi tambahan fasilitas yang ada di Perpustakaan Pusat UNP setelah pojok Timteng, pojok KPK, dan lainnya.


Lokasi dan prasrananya ditempatkan di lantai 2 Perpusatakaan Pusat, sehingga mudah dijangkau, dilihat dan dikunjungi oleh semua mahasiswa dan dosen dilingkungan UNP yang datang ke perpustakaan pusat itu.


"Seluruh pembiayaannya, ditanggung oleh BPS pusat sedangkan pihak UNP hanya menyediakan lokasi",tambah Yulkifli.


Dalam pertemuan ini, juga dibicarakan teknis persiapan, khususnya proses mendekor ruangan, penyediaan meubeler dan lainya.


Untuk kegiatan pendekoran akan direncanakan mulai, 17 hingga 21 Mei 2021 oleh BPS Sumbar, sedangkan kunjungan kegiatan dari BPS Pusat, 22 Mei 2021.


Gambar-gambar setingan pojok statistika juga diperlihatkan pada pertemuan ini," jelasnya.(Rel/RDz)