Kantor BPS Tiga Kabupaten di Pasaman Diresmikan -->

Iklan Atas

Kantor BPS Tiga Kabupaten di Pasaman Diresmikan

Kamis, 27 Mei 2021
Suasana peresmikan tiga kantor BPS tiga kabupaten di Pasaman.


Pasaman, fajarsumbar.com - Kepala Badan Pusat Stastistik Republik Indonesia, Dr. Suhariyanto melaksanakan sosialisasi satu data Indonesia, dirangkai peresmian kantor BPS tiga kabupaten (Pasaman, Padang Pariaman dan Kabupaten Mentawai) di Kantor BPS Kabupaten Pasaman Lubuk Sikaping, Kamis (27/5/2021).


Dalam sosialisasi dan peresmian tersebut kepala BPS RI didampingi  Bupati Pasaman H.Benny Utama. Turut hadir dalam acara Wakil Bupati Sabar AS, Kepala BPS Provinsi Sumatera Barat Herum Fajarwati, Forkompida Pasaman, Para kepala BPS Kabupaten/Kota Se provinsi Sumatera Barat, para asisten, serta para kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman.


Bupati Pasaman mengucapkan terimakasih karena telah memilih Kabupaten Pasaman Sebagai pusat peresmian kantor BPS dari tiga kabupaten dan sekaligus sosialisasi  satu data Indonesia (SDI).


H.Benny Utama menilai data BPS ini sangat penting sebagai acuan bagi pemerintah dalam menyusun kebijakan.


"BPS memiliki peran penting dalam menyusun perencanaan mulai dari pemerintahan pusat sampai ke daerah, sebagai acuan dalam membuat kebijakan pembangunan yang tepat sasaran,"ungkapnya.


Selanjutnya Bupati Pasaman Berharap dengan Adanya data Indonesia kedepannya tidak ada lagi ketidak singkronan data antar instansi pemerintah.


"Saat ini banyak terjadi ketidak validan data pemerintah yang disebabkan karena koordinasi yang tidak optimal, seperti halnya yang sama-sama kita rasakan saat ini, dalam masa pandemi pemerintah berupaya memberikan stimulus kepada masyarakat agar ekonomi negara tetap terjaga, namun untuk data calon penerima selalu menimbulkan masalah di lapangan karena masing masing instansi memiliki data dan indikator yang beebeda-beda.


"Kedepannya kita tidak ingin hal ini terjadi lagi, dengan program satu data Indonesia (SDI) kita berharap ada satu data base yang terintegrasi kesemua lembaga pemerintah yang menjadi rujukan dalam penyusunan perencanaan dan pengambilan kebijakan oleh pemerintah, sehingga setiap program yang dilaksanakan pemerintah berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat," ungkapnya.


Dan ia juga berharap dengan adanya gedung baru di tiga kabupaten ini khususnya di Kabupaten Pasaman dapat meningkatkan kinerja BPS sendiri.


"Disamping itu infrastruktur yang baik juga memiliki peran penting dalam keberhasilan kinerja, dengan gedung kantor yang nyaman sebagai tempat pelaksanaan kegiatan setiap harinya dapat membawa pengaruh positif kepada karyawan dan pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas, sehingga berdampak positif terhadap kinerja BPS Kabupaten Pasaman, kabupaten Mentawai dan Kabupaten Padang Pariaman secara keseluruhan."ungkap H.Benny Utama.


Sementara itu, Dr .Suhariyanto dalam sambutannya mengucapkan terimakasih pada Pemda Kabupaten Pasaman atas kerjasamanya selama ini, dimana BPS dilibatkan dalam membangun Kabupaten Pasaman dengan menggunakan data BPS. Kami juga mengharapkan kerjasama BPS dan Pemda kedepannya semakin baik. (Naldi)