Masjid Senilai Rp7 Miliar Diresmikan Gubernur Sumbar -->

Iklan Atas

Masjid Senilai Rp7 Miliar Diresmikan Gubernur Sumbar

Selasa, 18 Mei 2021
Gubernur Sumbar bersama Bupati Tanah Datar, Walikota Padang Panjang, meresmikan Masjid Ihsan, Nagari Sungai Patai, Senin (17/5).


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) H. Mahyeldi Ansharullah bersama Bupati Tanah Datar Eka Putra dan keluarga besar H. Amran Sutan Sidi Sulaiman, meresmikan berdirinya Masjid Ihsan nan megah senilai 7 Milyar, di Nagari Sungai Patai, Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, Senin (17/5/21).


Dalam sambutannya Gubernur Sumbar yang akrab dipanggil Buya sampaikan apresiasi kepada masyarakat Sungai Patai, yang telah bergotong royong dalam pembangunan Masjid Ihsan ini, juga terimakasih kepada keluarga besar H. Amran Sutan Sidi Sulaiman, yang merupakan donatur dalam pembangunan Masjid ini.


Gubernur juga berpesan kepada Wali Nagari Sungai Patai, agar merekam atau videokan kegiatan masyarakat dalam bergotong royong untuk pembangunan Masjid Ihsan ini, dari awal sampai diresmikan ini, dan viralkan di media sosial YouTube. 


"Gotong royong yang kita saksikan tadi dalam video adalah sebuah kearifan lokal Nagari Sungai Patai, dan ini perlu dipertahankan bahkan diviralkan, sehingga bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya di Sumbar," ucap Buya Mahyeldi. 


Sementara itu Bupati Tanah Datar atas nama pemerintah daerah menyampaikan, terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan Masjid Ihsan Sungai Patai. "Seperti disampaikan Wali Nagari Sungai Patai dan melihat video proses pembangunan Masjid ini, memang di Nagari Sungai Patai ini rasa gotong royong masih sangat tinggi, dan Saya rasa bisa menjadi rujukan bagi Nagari lain di Tanah Datar ataupun Sumbar," ujarnya. 


Kemudian Bupati Eka berharap, sukses dalam pembangunan juga diikuti dengan kesuksesan dalam pelaksanaan ibadah. "Jangan Masjid megah fisik saja, namun juga ramai jamaah dalam beribadah, dan Saya harap Masjid ini buka 24 jam, namun juga memperhatikan kebersihan dan keamanan," harap Bupati. 


Dalam kesempatan itu Bupati menyampaikan ucapan terimakasih kepada keluarga besar H. Amran dan donatur lainnya, atas sumbang dana dalam pembangunan Masjid Ihsan Sungai Patai. "Terimakasih tak terhingga kami sampaikan kepada keluarga besar H. Amran dan donatur lainnya, semoga menjadi amal ibadah, dimudahkan dan ditingkatkan rezeki serta usahanya," sampai Eka Putra. 


Sebelumnya Walikota Padang Panjang Fadly Amran Dt, Paduko Malano yang mewakili keluarga besar H. Amran menyampaikan harapannya agar Masjid yang telah selesai dibangun, dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Fadly juga memohon maaf selama proses pembangunan Masjid ini, ada kesalahan dari keluarga besarnya. 


"Alhamdulillah, niat lama keluarga besar H. Amran Sutan Sidi Sulaiman untuk pembangunan Masjid di Nagari Sungai Patai bisa terlaksana dengan baik. Semoga Masjid yang telah dibangun ini dapat meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam menjalankan ibadahibadah kepada Allah SWT, terutama dalam memakmurkan Masjid ini," ujar Fadly Amran. 


Sementara Wali Nagari Sungai Patai Irvan Zainora menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Gubernur Sumbar, Bupati Tanah Datar, Wali Kota Padang Panjang, dan tamu undangan lainnya. "Alhamdulillah, kegiatan hari ini menjadi kebanggaan bagi kami masyarakat Sungai Patai, terimakasih atas kehadiran Bapak dan Ibuk undangan semua, mohon maaf kalau ada kekurangan dan tidak pada tempatnya," ujarnya. 


Irvan Zainora tambahkan pembangunan Masjid Ihsan dikerjakan dalam waktu 18 bulan, dan dananya sebahagian besar dari donatur keluarga besar H. Amran Sutan Sidi Sulaiman, dan dalam pembangunan Masjid ini, kami masyarakat Sungai Patai melakukan dengan gotong royong. 


"Terimakasih kepada keluarga besar H. Amran  dan donatur lainnya, sehingga kita memiliki Masjid megah ini, dan kami masyarakat Sungai Patai masih menjunjung tinggi nilai kebersamaan, sehingga dalam membangun Masjid ini kami secara gotong royong bahu membahu dalam mengangkat pasir, kerikil, batu, untuk kelancaran pembangunan Masjid ini," tutup Irvan Zainora. (fdy)