Nagari Cubadak Lima Kaum Wakili Tanah Datar Dalam Program Nagari Cantik -->

Iklan Atas

Nagari Cubadak Lima Kaum Wakili Tanah Datar Dalam Program Nagari Cantik

Sabtu, 29 Mei 2021
Wabup Richi Aprian hadiri acara pencanangan Nagari Cantik, di Auditorium Gubernuran Sumbar di Padang


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH hadiri acara pencanangan Nagari/Desa/Kelurahan dan Kecamatan Statistik oleh Badan Pusat Statistik (BPS) RI, sekaligus meluncurkan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik), didampingi Kadis Kominfo Abrar dan Pimpinan BPS Tanah Datar, di Auditorium Gubernuran Sumbar di Padang, Jumat (28/5).


Pencanangan ditandai dengan pemukulan 'Gandang Tasa' oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Suhariyanto bersama Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinlady, didampingi Kepala Dinas Kominfotik Sumbar Jasman Rizal, dan Kepala BPS Sumbar Herum Fajarwati disaksikan pimpinan daerah se-Indonesia. 


Dalam laporannya, Kadis Kominfotik Sumbar Jasman Rizal katakan kegiatan ini dalam rangka percepatan penerapan inovasi Nagari, Desa, Kelurahan dan Kecamatan statistik se-Sumatera Barat. Diskominfo Sumbar sejak tahun 2019 telah menginisiasi Nagari statistik pertama di Indonesia, yaitu di Nagari Sungai Duo, di Kabupaten Dharmasraya


"Alhamdulillah, inovasi kita menghadirkan Nagari statistik di Sumbar telah menjadi cikal bakal bagi BPS RI, untuk menghadirkan program Desa Cantik di tingkat Nasional, mulai dari 2019 sudah 163 Nagari dari 12 Kecamatan di Sumbar," terang Jasman Rizal. 


Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian melalui Kadis Kominfo Abrar sampaikan, Kabupaten Tanah Datar juga termasuk ke dalam 163 Nagari yang diprogramkan BPS sebagai Nagari Cantik. 


"Pemerintah Tanah Datar juga telah mendukung program Nagari Cantik oleh BPS Sumbar, yaitu Nagari Cubadak Kecamatan Lima Kaum, yang saat ini sudah menginput data sebanyak 40 persen dari jumlah KK di Nagari tersebut," pungkas Abrar. (fdy/h)