Pariwisata Kota Padang Fokus Pemberdayaan Ekonomi Kreatif -->

IKLAN MGID ATAS

Pariwisata Kota Padang Fokus Pemberdayaan Ekonomi Kreatif

Kamis, 27 Mei 2021
.


Padang, fajarsumbar.com - Guna memaksimalkan potensi wisata di Kota Padang berbagai upaya dan terobosan dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang.


Di antaranya menggerakan ekonomi kreatif. Ekonomi kereatif menjadi priorotas pembangunan daerah di Kota Padang. Hal ini menjadi fokus dalam pengembangan Pariwisata di Kota Padang ke depan. 


Ekonomi kereatif merupakan salah satu sektor penggerak ekonomi kerakyatan yang berbasis komunitas. Sedangkan Pariwisata tidak dapat berkembang sendri tanpa didukungan dari sektor ekonomi kreatif itu.


Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian menyebut, ekonomi kreatif Kota Padang saat ini berkembang dari sektor kuliner. 


Sektor kuliner mendominasi dalam jumlah pelaku dan berdampak pada ekonomi. Namun saat ini semua sub sektor ekonomi kreatif menjadi perhitungan dikancah ekonomi kreatif di Kota Padang. Salah satu wujud nyata dalam perkembangan ekonomi kreatif di Kota Padang  dituangkan dalam berita acara oleh walikota Padang.


sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia, Kota Padang fokus dalam pemberdayaaan komonitas ekonomi kreatif yang berbasis generasi muda yang peka terhadap globalisasi teknologi melalui media visual. Kota Padang mempunyai banyak potensi ekonomi kreatif disamping kota multiethnic dan multikultural. 


Disamping itu kawasan kota tua merupakan salah satu kawasan potensial untuk pengembangan ekonomi kreatif di Kota Padang, karena memiliki posisi strategis punya nilai sejarah yang vital", kata Arfian saat saat membuka "Baciloteh Ekonomi Kreatif Basamo, di Laranja Garden Basko Mal, Kamis (27 Mei 2021).


Sementara itu, Andi Amir Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padamg melaporkan secara rinci terkait dengan ekonomi kreatif di Kota Padang. Ekonomi kreatif merupakan kegiatan usaha saat ini bergerak secara signifikan.Ekonomi kreatif sebagai pilar  untuk peningkatan pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Padang. melalui sistim pemasaran yang efektif dan optimal menjadikan akses bagi pelaku ekonomi kreatif itu sendiri.


Kota Padang kota wisata memiliki objek yang sangat menarik bagi investor berinvestasi di Kota Padang. untuk meyakini investor berinvestasi diberikan kemudahan akses dengan pelayanan birokrasi yang cepat. Hal ini tentu menjadi cikal bakal bagi investor untuk berinvestasi di Kota Padang", Kata Andi Amir.


Melalui berbagai sektor ekonomi kreatif, diharapkan dapat menjadi pilar dalam peningkatan perekonomian daerah. Berdasarkan latar berlakang tersebut Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kota Padang menggelar dialog  dengan konsep baciliteh ekonomi kreatif dengan tema promosi branding wisata ekonomi kreatif Padang Kota Lama", imbuhnya.(rel)