Pascalebaran, Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil -->

Iklan Atas

Pascalebaran, Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil

Senin, 17 Mei 2021
Tim pemantau harga kebutuhan pokok ketika melakukan monitoring di Pasar Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Pascalebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, harga kebutuhan pokok di Padang Panjang relatif stabil. 


Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdakop UKM), Arpan, S.H, mengatakan hal  itu usai timnya melakukan pemantauan terhadap harga pasar pascalebaran, Senin (17/5).


Dikatakan, harga kebutuhan pokok hingga saat ini relatif stabil. Hanya ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan dan penurunan disebabkan karena pasokan berkurang permintaan naik, begitu juga sebaliknya.


"Tadi hasil dari tim ke lapangan, ada terjadi kenaikan terhadap komoditi ikan sisik, ikan tongkol dan telur ayam kampung. Kenaikan disebabkan pasokan  berkurang sementara permintaan bertambah. Namun ini masih dalam batas kewajaran," sebut Arpan.


Di samping itu, juga terjadi penurunan terhadap komoditi cabai merah, cabai hijau, kacang tanah dan ikan asin teri. Ini disebabkan pasokan bertambah dan permintaan berkurang.


"Untuk harga cabai merah pada minggu lalu itu sekitar Rp40 ribu per kilo, dan sekarang menjadi Rp37 ribu perkilo. Sedangkan untuk cabai hijau dari Rpe2.500 ribu per kilo menjafd Rp29 ribu perkilo. Begitu juga dengan ikan asin teri, dari harga Rp100 ribu perkilo menjadi Rp95 ribu perkilo," paparnya. (syam)