Perahu Nelayan Sasak Pasbar Dihantam Gelombang Besar -->

Mgid Bawah Bapenda

Perahu Nelayan Sasak Pasbar Dihantam Gelombang Besar

Senin, 17 Mei 2021
.


Pasbar, fajarsumbar.com - Seorang nelayan pencari kepiting Buyung Herman (39) di Nagari Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) sempat dilaporkan hilang di laut.


"Allhamdulilah korbat telah ditemukan sekitar pukul 09.45 WIB pagi tadi," kata Koordinator Basarnas Pos Pasaman, Zulfahmi.


Ia menyebutkan, perahu korban yang mengalami mati mesin sempat dihantam gelombang.


“Mesin perahu sampan korban mati sehingga perahu korban dihantam badai dan tidak bisa berlabuh. Alhamdulillah korban (ditemukan) dalam keadaan selamat,” jelasnya di Simpang Empat.


Ia menyampaikan, saat ini korban sudah kembali bersama keluarganya dan perahu korban juga sudah diamankan warga lainnya.


Seperti diberitakan sebelumnya, korban pergi mencari kepiting menggunakan sampan dari Pantai Sasak ke arah Pantai Mandiangin. Namun hingga pagi tidak kunjung pulang ke rumah.


Kemudian, pada Senin (17/5/2021) pagi dilakukan pencarian oleh tim gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, BPBD dan warga setempat. Tim gabungan menemukan korban selamat dengan lokasi pada koordinat 0° 4′ 17,3 LS, 99 40 57,6 BT, 5 mil arah 241° Barat Daya.


"Kita imbau agar masyarakat yang beraktivitas di laut ataupun sungai berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan mengingat cuaca yang akhir-akhir ini sering hujan dan disertai angin kencang,” imbaunya.


Begitu juga dengan masyarakat yang tinggal di kawasan pegunungan, dia imbau untuk waspada terjadinya bencana tanah longsor dan banjir bandang. (Safnil)