Pertama di Indonesia, Padang Panjang Punya Pojok Statistik -->

IKLAN MGID ATAS

Pertama di Indonesia, Padang Panjang Punya Pojok Statistik

Rabu, 26 Mei 2021
.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Wujud keseriusan Pemko Padang Panjang bersama Badan Pusat Statistik (BPS)  merawat dan memanfaatkan data, Padang Panjang hadirkan Pojok Statistik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK). 


Pojok Statistik yang menjadi terobosan pertama Indonesia itu diresmikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Dr. Suhariyanto, Rabu (26/5) di kantor DPK. 


Di saat yang sama walikota, Fadly Amran menerima penghargaan dari BPS Pusat sebagai kepala daerah yang mendukung keberadaan Pojok Statistik. 


Pojok Statistik merupakan suatu ruangan di perpustakaan daerah yang dimanfaatkan untuk melayani masyarakat dalam mengakses data BPS, baik itu data tercetak, maupun data digital. Di samping itu juga untuk literasi kepada masyarakat. Untuk teknis masyarakat mendapatkan data dari pojok tersebut, Pojok Statistik ini terintegrasi dengan sistem pelayanan perpustakaan. 


Suhariyanto mengatakan, dengan adanya Pojok Statistik ini akan memudahkan pemerintah dan masyarakat dalam membuat suatu perencanaan yang bagus, dan terukur, karena di Pojok Statistik ini akan menghimpun semua data yang akan dibutuhkan dalam sebuah perencanaan.


“Dengan data kita bisa mengidentifikasi berbagai permasalahan yang ada, untuk dibuatkan perencanaan penyelesaian permasalahan tersebut. Seperti data Covid-19, data kemiskinan, data pertumbuhan ekonomi dan data lainnya. Untuk itulah kiranya keberadaan Pojok Statistik ini penting untuk dihadirkan di tengah-tengah masyarakat,” kata Suhariyanto.   


Dia berharap Pojok Statistik ini bisa membangkitkan literasi statistik untuk masyarakat Kota Padang Panjang. 


Di sisi lain, sebut Suhariyanto, BPS harus bisa menerjemahkan berbagai angka dan data statistik tersebut dalam bahasa yang membumi yang mudah dipahami masyarakat secara umum.


“Keberadaan Pojok Statistik di Gedung Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang ini sudah sangat bagus sekali. Setelah diresmikan, saya juga melihat langsung keberadaan Pojok Statistik itu. Sewaktu memasuki Gedung Perpustakaan, kita akan melihat langsung Pojok Statistik yang berada di pojok (sudut) kanan gedung. Tata letak yang sangat strategis itu, pasti akan memancing rasa ingin tahu masyarakat tentang Pojok Statistik,” tutur Suhariyanto.


Suhariyanto juga mengapresiasi kinerja walikota yang terbuka dalam menjalin kerja sama dengan semua pihak, khususnya BPS Sumbar dan Padang Panjang. 


“Kolaborasi dan kerja sama yang sangat baik ini, telah dibuktikan Wali Kota Fadly Amran. Hal ini tentunya menjadi kunci kemajuan sebuah daerah. Kehadiran Pojok Statistik ini, menjadi bukti nyata dari kinerja walikota


Pojok Statistik merupakan program prioritas BPS dalam rangka peningkatan pelayanan publik berkaitan dengan reformasi birokrasi, meningkatkan pelayanan data kepada masyarakat secara cepat, mudah dan murah.


Menurut walikota Fady, 

Kebutuhan data dewasa ini semakin penting, baik untuk keperluan penelitian maupun untuk memastikan validitas informasi di masyarakat. Untuk itu kita berharap kehadiran Pojok Statistik ini dapat menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat akan data yang akurat dan terukur.


BPS Pusat dan provinsi yang telah menjadikan Padang Panjang sebagai kota pertama di Indonesia adanya Pojok Statistik. 


"Semoga dengan  Pojok Statistik ini kita mampu memberikan litetasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya data," kata walikota. (syam)