Prodi Animasi D4 Fakultas Teknik UNP Siap Hasilkan Animator Unggul -->

IKLAN MGID ATAS

Prodi Animasi D4 Fakultas Teknik UNP Siap Hasilkan Animator Unggul

Senin, 31 Mei 2021
Ketua Prodi Animasi D4 FT UNP Bayu Ramadhani Fajri.


Padang, fajarsumbar.com - Program Studi (Prodi) Animasi Diploma Empat (D4) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Padang (UNP), berdiri tanggal 3 Oktober 2019, berdasarkan surat izin Pangkalan Data Pendidikan Tinggi  (PDDIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Reblik Indonesia (Kemendikbud RI) nomor 926/KPT/I/2019.


Tahun Akademik 2020- 2021 Prodi Animasi D4 UNP, telah mendapat izin untuk menerima mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nadional (SNMPTN), jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur Mandiri.


"Dari penerimaan mahasiswa baru angkatan pertama Tahun Akademik 2020- 2021, Alhamdulilah prodi animasi FT UNP memeperoleh 39 orang mahasiswa" sebut Ketua Prodi Animasi D4 FT UNP Bayu Ramadhani Fajri, S.ST., M.Ds.


Menurutnya, Tahun Akademik 2021- 2022 ini, masiswa baru itu, jumlahnya tidak jauh berbeda dibanding dengan tahun lalu. Mahasiswa baru angkatan pertama ini akan dipersiapkan untuk animator yang unggul dan mempunyai kompetensi.


Program studi animasi D4 FT UNP memiliki fokus keahlian film animasi dan animasi game (animasi interaktif). Belum genap setahun berjalan, prodi ini terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dan mutu pembelajaran salah satunya dengan melakukan sertifikasi kompetensi bagi dosen, jelas Bayu Ramadhani Fajri.


Alhamdulillah hingga Maret 2021 semua dosen home base dan dosen dari prodi lain yang mengajar di animasi sudah tersertifikasi oleh BNSP dalam bidang motion graphic, 3d illustration artist dan desainer grafis. Selain kegiatan sertifikasi dosen, sebagai salah satu bentuk pelaksanaan merdeka belajar, mahasiswa di Prodi Animasi juga kami wajibkan untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan 3 in 1 (pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja) yang dilaksanakan dengan kerja sama antara UNP dan Kementerian Perindustrian, imbuhnya.


Diantaranya diklat pembuatan layout animasi 3 dimensi, pembuatan aset animasi 3 dimensi, dan pembuatan gerak animasi 3 dimensi. Jadi, selain mendapat pengetahuan dari perkuliahan, kata Bayu peserta juga diharapkan mendapatkan keahlian tambahan melalui diklat ini.


Kami juga melibatkan beberapa mahasiswa yang potensial untuk diberdayakan beberapa studio animasi rekanan yang berada di kota Padang salah satunya adalah PIAPI Studio yang melayani service gerak animasi dari studio-studio besar di Indonesia seperti MD Animation, MNC animation, Little Giantz, dll. Untuk tenaga pengajar dosen praktisi industri kami baru memiliki 1 orang dosen industri yaitu dari Marawa Studio yang berbasis di Bandung dan Jakarta. Kurikulum di Prodi Animasi FT- UNP disusun berdasarkan SKKNI tahun 2020 bersama dengan Kementerian Perindustrian melalui Balai Diklat Industri Denpasar, PIAPI Studio, SHOH Animation dan Marawa Studio, demikian tambah Alumnus ITB ini.


Selanjutnya, untuk program yang sedang jajaki saat ini adalah project based learning dimana tugas-tugas mahasiswa disesuaikan dengan kebutuhan industri dan sesuai dengan pesanan industry/ mitra. Namun demikian, project based learning dapat berjalan maksimal apabila sistem pembelajaran dilaksanakan dengan sistem Blok. 


Dengan sistem Blok, mahasiswa hanya akan fokus pada 1 mata kuliah dalam 1 periode, sehingga tugas yang dihasilkan benar-benar project jadi dan siap digunakan. Namun kekurangan sistem Blok adalah ketersediaan sarana prasarana laboratorium yang belum memadai. Kondisi saat ini, Prodi Animasi UNP masih membutuhkan dosen tetap home base yang memang berlatar belakang dari animasi, namun saat ini masih 1 orang tambah Ketua Prodi baru ini.


Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki Prodi Animasi, diantaranya Universitas Negeri Malang (UM), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, kemudian Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) “MMTC” Yogyakarta, Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) dan Universitas Negeri Padang. imbuhnya. (Rel/RDz)