Prodi Magister dan Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana UNP Perkuat Kerjasama dengan Pemda Di Sumbar -->

IKLAN MGID ATAS

Prodi Magister dan Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana UNP Perkuat Kerjasama dengan Pemda Di Sumbar

Sabtu, 29 Mei 2021

.

Padang, fajarsumbar.com - Program Studi (Prodi) Magister dan Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Negeri Padang (UNP), melakukan berbagai penjajakan dan penguatan untuk merintis dan mengembangkan kerjasama dengan 6 Kabupaten/ Kota di Sumatera Barat.


Ke enam kabupaten dan kota itu, meliputi Pemko Pariaman, Pemkab Agam, Pemkab Tanah Datar, Pemkab Solok, Pemko Solok dan Pemko Sawahlunto. 


Kegiatan ini digelar secara maraton sejak tanggal 24 Mei 2021 yang lalu dengan mendatangi bahkan juga melakukan diskusi dengan pimpinan daerah, sebut Ketua Tim Kegiatan Profesor. Dr. Eri Barlian, M.S.


Ketika dihubungi secara terpisah, Ketua Program Studi (Prodi) Program Doktor Ilmu Lingkungan itu mengatakan, salah satu kesuksesan Prodi Ilmu Lingkungan UNP, terletak melalui model kolaborasi yang dibangun dengan sejumlah lembaga pemerintah dan non pemerintah diantaranya dalam usaha pengembangan SDM di kota dan Kabupaten Sumatera Barat, terutama pengembangan SDM dalam bidang lingkungan.


Ditambahkannya melalui program S2 dan S3 Ilmu lingkungan, Sumbar sangat perlu pemahaman bersama tentang lingkungan dan kebencanaan karena negeri kita adalah Negeri Etalase Bencana dan rusaknya alam, kata Guru Besar Lingkungan UNP yang juga banyak berkiprah dalam pengembangan olahraga dayung di daerah ini.


Sementara itu, Ketua Prodi Magister Ilmu Lingkungan Pascasarjana UNP Dr. Indang Dewata, bahwa pihaknya selalu melakukan terobosan-terobosan untuk meningkatkan Indeks Kinerja Utama (IKU) dan kualitas pembelajaran serta membangun jaringan kerjasama atau koloborasi dengan sejumlah Pemda di Sumbar dan juga di luar Sumbar, serta dunia industri dan tentunya dengan Perguruan tinggi seperti Unand, UNRI, dan UBH.


Dalam kegiatan penjajakan dan memperkuat kerjasama kelembagaan antara Ilmu Lingkungan dengan Pemda, juga hadir para dosen dan mahasiswa, diantaranya Profesor. Dr. Dedi Hermon, M.P dan Dr. Mulya Agusman, M.T dan Arpizon Putra, S.Pd, M.Si mewakili mahasiswa program doktor Ilmu Lingkungan.


”Kita dukung dan apresiasi semua upaya untuk memajukan Prodi Ilmu Lingkungan UNP dan kita sangat puas dengan progress yang telah dicapai kedua prodi ini kata dosen Ilmu Lingkungan yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur Pascasarjana UNP ini. (Rel/RDz)